Panglima TNI Resmikan Kapal Selam KRI Alugoro-405 di Natuna

Panglima TNI Resmikan Kapal Selam KRI Alugoro-405 di Natuna

Panglima TNI meresmikan KRI Alugoro-405 di Dermaga Selat Lampa (Foto:Yanto/Batamnews)

Natuna, Batamnews - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan kapal selam KRI Alugoro 405 di Fasilitas Pelabuhan (Faslabuh) Selat Lampa, Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (6/4/2021).

Hadi mengatakan, kapal selam saat ini menjadi kekuatan pemukul yang sangat strategis dan diperhitungkan dalam peperangan modern. Sejak kemunculannya pada abad 20 dan perkembangan yang pesati, kapal selam menjadi Alutsista andalan dalam peperangan Laut.

"Terlebih Indonesia memiliki wilayah Laut yang luas dengan titik-titik yang strategis. Salah satunya Laut Natuna Utara," kata dia pada kesempatan tersebut.

Dijelaskan Hadi, pemilihan Natuna sebagai lokasi peresmian menjadi simbol keunggulan dan kesiapan TNI sebagai garda terdepan dalam menegakan kedaulatan NKRI khususnya di wilayah Laut Indonesia.

"Kapal perang dan kapal selam merupakan dua komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang saling memperkuat satu sama lain. Apalagi kesiapan fasilitas labuh di Natuna akan menambah jangkauan operasi kekuatan laut kita hingga ke Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE)," pungkas Panglima TNI.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews