Posmat TNI AL Tanjungbatu Direhab dengan Bangunan Permanen

Foto: Edo/Batamnews

Karimun - Lanal Tanjungbalai Karimun membangun kantor pos pengamat (Posmat) TNI AL di Tanjungbatu dengan bangunan permanen.

Posmat Tanjungbatu berada di Pelantar Indora, Jl Sudirman, Kelurahan Tanjungbatu Kota, Kecamatan Kundur itu selama ini terbuat dari bangunan kayu..

Pembangunan Posmat TNI AL itu ditandai dengan pemasangan tiang pancang pertama dan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Maswedi, Kamis (4/3/2021).

"Pos pengamat ini, merupakan mata dan telinga pangkalan TNI AL dalam hal ini Lanal TBK, yang bertanggung jawab terhadap keamanan laut serta pemberdayaan dan pemanfaatan potensi maritim," kata Maswedi, Jumat (5/3/2021).

Dalam kegiatan tersebut, juga dihadiri oleh Danposmat Tanjungbatu, Pelda (Mar) Sukardi, serta Danramil 03 Kundur, Kapolsek Kundur, Camat Kundur, dan tokoh masyarakat.

Seperti diketahui, Kabupaten Karimun merupakan wilayah kepulauan dengan perairan yang cukup luas. Seperti di Tanjungbatu, Pulau Kundur, alur perairan cukup ramai dan padat. Keamanan laut juga harus ditingkatkan dengan pos-pos aparat keamanan.

Untuk menunjang prajurit yang bertugas di Posmat tersebut, juga dilengkapi dengan speedboat mesin 40 hingga 200 PK.

"Sementara, untuk Pangkalan Lanal TBK Standy unsur Sea Rider, Patkamla dan unsur KAL. Pelawan I-4-7 yang siap digerakkan sewaktu-waktu jika dibutuhkan oleh POSMAT dan POSAL jajaran Lanal TBK," ujar Danlanal.

Lanal TBK memiliki enam unit posmat di Kolong, Meral, Pulau Buru, Selat belia, Tanjungbatu dan Pulau Durai. Sementara Posal, Lanal TBK ada tiga unit di Leho, Takong Hiu dan Moro.

"Diharapkan, Prajurit yang bertugas di Posal atau Posmat, dapat melaksanakan peran nyata dalam pengamanan, serta membangun daerah," ucap Letkol Maswedi.

(aha)
SHARE US :