Teknis Kerjasama Media 2021

Pers Diminta Andil Sosialisasikan Visi-Misi Bupati Natuna

Bagian Prokopim dan Pj Sekda Natuna saat temu ramah bersama awak media (Foto:Yanto/Batamnews)

Natuna - Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setretariat Daerah (Setda) Natuna, menggelar kegiatan temu ramah bersama sejumlah wartawan yang menjalin kerjasama dengan Pemda Natuna.

Acara yang dihadiri Pj Sekda Natuna Hendra Kusuma, Kabag Prokopim Defrizal dan beberapa pejabat Pemda tersebut digelar di Rumah Makan Sisi Basisir, Jalan DKW. Mohammad Benteng, Ranai kota, Kecamatan Bunguran Timur, Jumat (26/2/2021) siang.

Acara tersebut di gelar guna membahas terkait teknis kerjasama antara pihak media dan Pemda Natuna pada tahun 2021 ini.

Pj Sekda Natuna, Hendra Kusuma saat membuka acara tersebut mengharapkan insan pers Natuna lebih meningkatkan kualitas dan profesionalisme kerja kedepannya. Hal ini guna menghasilkan tulisan yang bernilai dan berbobot.

Senada dengan hal tersebut, Kabag Prokopim Defrizal juga mengatakan hal yang sama saat memaparkan teknis kerja sama antara wartawan dan Pemda mengenai pemberitaan kedepanya.

Dirinya menjelaskan bahwa kedepanya para wartawan akan diminta untuk ikut berperan aktif dalam mensosialisasikan serta memberi pengetahuan kepada masyarakat terkait visi dan misi Bupati terpilih.

"Tidak hanya berita berita seremonial saja, seperti selama ini. Karena terkesan monoton dan tidak memiliki news value," ujar Deprizal.

Untuk itu kedepanya setiap bulannya setiap wartawan akan mendapatkan tema yang berbeda dalam menaikan berita terkait Pemda Natuna. Dimana didalam pemberitaanya tersebut wajib mencantumkan statement dari salah satu unsur pimpinan daerah seperti Bupati, Wakil Bupati ataupun Sekda.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang wartawan senior, Doni Papilius menyambut hangat usulan Kabag Prokopim tersebut. Dirinya menilai selama ini memang wartawan seakan dimanjakan dengan regulasi dari Pemda terkait pemberitaan.

"Dengan kebijakan ini, wartawan Natuna yang selama ini di nina bobo kan dengan regulasi lama harapanya akan bisa aktif dan produktif kembali," ujar Doni.

Karena dengan kebijakan baru ini, setiap wartawan harus membuat berita berdasarkan tema yang diterimanya tiap bulan, dan tema ini berbeda dari rekan-rekan wartawan lainya sehingga mengantisipasi terjadinya copy paste dalam pemberitaan.

Pada kesempatan tersebut dijelaskan, pada tahun 2021 ini, pihak Pemda Natuna bekerja sama dengan total 64 media dimana 54 diantaranya berupa media online dan 10 sisanya merupakan media cetak.

(Yan)
SHARE US :