Presiden Jokowi Lantik Ansar-Marlin Jadi Gubernur Kepri Usai Kirab di Istana

Ansar-Marlin saat tiba di Istana (Foto:ist)

Jakarta - Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) terpilih, Ansar Ahmad-Marlin Agustina Rudi tiba di Istana Negara, Kamis (25/2/2021) pagi.

Presiden Joko Widodo direncanakan melantik Ansar-Marlin bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) serta Bengkulu.

Sebelum menuju Istana Negara, Ansar yang didampingi Dewi Ansar dan Marlin yang didampingi H Muhammad Rudi berdoa bersama di Grand Melia Hotel, Jakarta. Doa dipimpin oleh Yasser Arafat. Tampak hadir pada kesempatan itu Sekdaprov Kepri, TS Arif Fadillah.

“Semoga Gubernur Ansar dan Wakil Gubernur Marlin memberikan manfaat terbaik untuk masyarakat Kepri. Memakmurkan dan menyejahterakan Kepri," demikian diantara penggalan doa yang dimohonkan.

Sampai di Istana, Ansar-Marlin mengikuti gladi bersih prosesi pelantikan. Tepat pukul 10.30 WIB, prosesi pelantikan dimulai. Dengan rangkaian Gubernur dan Wakil Gubernur menuju Istana Merdeka.

Di Istana Merdeka Ansar-Marlin disambut oleh Kepala Sekretariat Presiden, selanjutnya menuju ruang tunggu utama. Mereka kemudian menuju Veranda depan Istana Merdeka untuk kemudian menuju ruang Credential dipandu oleh Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden.

Di ruang Credential, para Gubernur dan Wakil Gubernur diperkenalkan kepada Presiden Joko Widodo. Setelah dipersilakan oleh Presiden, Gubernur dan Wakil Gubernur mengambil Surat Keputusan Presiden di atas meja yang telah disiapkan.

Setelah itu, mereka melakukan kirab. Bersama Presiden Jokowi, Wakil Presiden KH Mar’ruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Gubernur dan Wakil Gubernur dari Istana Merdeka menuju Istana Negara dengan berjalan kaki.

Prosesi kirab menuju Istana Negara akan diiringi dengan prosesi kirab oleh Pasukan Kehormatan Paspampres. Di Istana Negara, Gubernur dan Wakil Gubernur langsung menuju ruang pelantikan.

Sebelumnya, saat tiba di Jakarta, Ansar Ahmad, Dewi Ansar, Marlin Agustina dan HM Rudi melakukan swab PCR test di rumah sakit yang sudah ditentukan. Mereka yang ikut diswab termasuk keluarga yang masuk ke dalam Istana. Semua hasil swab yang keluar pukul 02.00 adalah negatif.

(sut)