Pemprov Kepri Serahkan Pelabuhan Tanjungbatu ke Pemkab Karimun

Pemprov Kepri Serahkan Pelabuhan Tanjungbatu ke Pemkab Karimun

Pelabuhan Tanjungbatu. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - Pengelolaan Pelabuhan Tanjungbatu, Kundur resmi diambil alih Pemkab Karimun. Sebelumnya pelabuhan ini dikelola Pemprov Kepri.

Serah terima pengelolaan dilakukan Plh Gubernur Kepri, TS Arif Fadillah ke Sekda Karimun, Muhammad Firmansyah di ruang rapat utama kantor Gubernur Kepulauan Riau, Rabu (10/2/2021) lalu.

Setelah diserahterima ke Pemkab Karimun, Pelabuhan Tanjungbatu itu akan beralih status sebagai pelabuhan pengumpul. Jangakauan pelayarannya antar pulau dan antar Provinsi.

 

Penandatanganan serah terima pengelolaan pelabuhan Tanjungbatu antara Pemprov Kepri dan Pemkab Karimun.

"Status pelabuhan pengumpul saat ini sudah diusulkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub), status itu hampir sama dengan pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun," kata Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Karimun, Afriyan, Kamis (18/2/2021).

Untuk pengelolaan pelabuhan yang diketahui sebagai salah satu pelabuhan tersibuk di Karimun, akan dikelola oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Karimun atau PT Karya Karimun Mandiri (KKM).

"Jadi, fasilitasnya akan disiapkan lebih baik lagi termasuk perawatannya oleh BUP Karimun," katanya.

Pelabuhan Tanjung Batu nantinya masuk dalam wilayah kerja Kantor Kesyahbandaran dan Orotitas Pelabuhan (KSOP) kelas I Tanjungbalai Karimun.

Dengan diserahkannya pelabuhan Tanjungbatu ke Pemkab Karimun, hal itu juga dapat memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor pelabuhan tersebut.

"Selain itu, juga dapat mendorong perekonomian masyarakat setempat, seperti perhotelah, angkutan umum dan lainnya," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews