Penumpang Berdesakan di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Prokes Covid Terabaikan

Penumpang Berdesakan di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Prokes Covid Terabaikan

Penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura berdesakan tanpa penerapan protokol kesehatan yang ketat (Foto: ist)

Tanjungpinang - Penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) terabaikan. Bahkan penumpang saling berdesakan saat masuk kedalam kapal, Minggu (14/2/2021) sore.

Salah satu penumpang, Rezki Achyana mengaku tidak ada terlihat petugas melakukan penertiban atau mengatur penumpang yang berdesakan di pelabuhan.

"Tanpa protokol kesehatan, tak ada petugas melakukan penertiban, hampir selama satu jam," kata Rezki kepada Batamnews, kemarin.

Ia mengatakan, saat dirinya mengantre hampir selama satu jam di ruangan tunggu pelabuhan ia tidak ada melihat petugas, sehingga penumpang saling berdesakan masuk kedalam kapal.

"Saat saya antre panjang tidak ada melihat petugas di ruang tunggu. Saya cuma melihat hanya satu orang yang berjaga di pintu, Satpol PP, itu pun belakangan," ujarnya.

Rezki menyarankan, seharusnya ada petugas untuk mengakomodir penumpang agar bisa menjaga jarak dan mengikuti protokol kesehatan.

"Jangan sampai terjadi seperti ini lagi," harapnya.

Sementara itu, Kepala KKP Tanjungpinang, Agus Jamaludin mengatakan, dirinya akan menjadikan bahan untuk diskusi dengan Satgas Covid Kota dan Provinsi Kepri atas terjadinya penumpukan penumpang tanpa penerapan Prokes Covid-19.

"Kalau petugas KKP ada tapi bukan untuk menertibkan seperti ini, seharusnya semua petugas terlibat untuk mengatur supaya Prokes Covid bisa diterapkan," ucapnya.

(adi)