Pemerintah Targetkan Vaksinasi Covid-19 16 Ribu Nakes di Kepri Selesai Februari

Pemerintah Targetkan Vaksinasi Covid-19 16 Ribu Nakes di Kepri Selesai Februari

Sekda Kepri TS Arif Fadillah menerima suntikan vaksinasi Covid-19 dosis kedua. (Foto: Sutana/batamnews)

Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menargetkan vaksinasi Covid-19 kepada 16 ribu tenaga kesehatan (nakes) selesai pada Februari 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Mochammad Bisri mengatakan setelah nakes, sasaran vaksinasi Covid-19 berikutnya adalah petugas pelayanan publik.

"Termasuk aparat penegak hukum dan TNI/Polri yang kita targetkan dimulai pada Maret mendatang," kata Bisri di Kota Tanjungpinang, Senin (8/2/2021). 

Ditambahkan Bisri, hingga saat ini vaksinasi Covid-19 untuk nakes masih terus berjalan. Selanjutnya pada Maret Provinsi Kepri kembali menerima vaksin sekitar 130 ribu vial dosis. 

"Direncanakan kita akan mendapatkan sekitar 130 ribu vial dosis. Nantinya diperuntukan untuk petugas pelayanan publik, TNI/Polri. Kalau untuk lansia beda lagi," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kepri TS Arif Fadillah, mengatakan, vaksinasi terhadap nakes sudah mulai dilaksanakan sejak pertengahan Januari 2021. Sampai sekarang pelaksanaan vaksinasi masih berlangsung. 

Sekitar 16 ribu orang nakes di Kepri mendapatkan vaksinasi, dan diharapkan selesai pada bulan ini. 

"Kami targetkan vaksinasi untuk nakes ini selesai pada 21 Februari 2021, kemudian dilanjutkan untuk TNI dan Polri, serta birokrat yang bertugas melayani publik," ujar Arif. 

Untuk mempercepat proses vaksinasi, Arif mengatakan, pihaknya akan menyediakan tempat vaksinasi baru dengan memanfaatkan lapangan dan gedung sekolah yang tidak digunakan selama belajar daring. 

"Kebijakan ini untuk mengurai anterian panjang yang potensial terjadi saat vaksinasi dilaksanakan," kata Arif. 

Saat ini, tambah Arif lokasi baru untuk penyuntikan vaksin di Poltekes Tanjungpinang. Lokasi lainnya, seperti di lapangan dan ruang kelas sekolah segera diaktifkan untuk vaksinasi untuk mempercepat proses vaksinasi kepada TNI, Polri, aparat pemerintahan dan masyarakat umum.  

"Kita memiliki tenaga kesehatan yang memadai. Peralatan untuk menjaga suhu vaksin juga ada," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews