Tahun Ini Kepri Siapkan 255 Event Pariwisata

Tahun Ini Kepri Siapkan 255 Event Pariwisata

Kadispar Kepri, Buralimar. (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meluncurkan Calendar of Event Kepri 2021, Jumat (5/2/2021) sore di Mega Mall Batam Center. Total ada 255 event yang akan digelar pada tahun 2021.

Kepala Dispar Kepri, Buralimar mengatakan, Kepri telah mempersiapkan diri untuk menerima wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus).

“Dispar Kepri dan Kementrian telah siap menerima wisatawan,” ujar Buralimar usai meluncurkan kalender kegiatan pariwisata.

Adapun yang termasuk Kepri Top 10 Tourism Event 2021 diantaranya Tradisional Dragon Boat Race, Tour De Bintan, Bintan Triathlon, IronMan Bintan, Festival Barongsai, Batam Batik Fashion Week, Festival Bahari Kepri, Kenduri Seni Melayu, Kepri Carnival dan Mandiri Bintan Marathon. "Yang terdekat, Maret nanti ada Kepri Barongsai International," kata dia.

Dengan begitu, pada awal Maret mendatang pintu Malaysia dan Singapura bisa dibuka bagi pariwisata. Peserta festival tersebut bisa diikuti oleh warga kedua negara tersebut.

"Festival Barongsai biasanya diikuti 8 regu dari Singapura dan Malaysia. Kalau sudah dibuka mungkin lebih banyak lagi," katanya.

Buralimar berharap seluruh kegiatan yang tercantum di Calender of Event Kepri 2021 bisa berlangsung lancar. Sebagian kegiatan juga dilaksnakan olen pihak Kabupaten dan Kota di Kepri.

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, Ia menjelaskan bahwa tetap bisa dilaksanakan dengan pengawasan oleh satuan tugas (Satgas) Covid-19 di setiap kabupaten/kota.

"Setiap pelaku wisata juga wajib melaksanakan CHSE. Protkes sangat ketat. Seperti Lagoi dan Nongsa," katanya.

Sementara itu pada tempat yang sama, Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kepri, Raden Hari Tjahyono mengatakan, walaupun di tengah kondisi pandemi Covid-19, ekonomi Kepri harus bangkit. Khususnya dari sektor pariwisata.

"Kalau kita berdiam diri, tak berbuat apa-apa maka akan semakin terpuruk," ujar Raden.

Pihaknya juga akan selalu mendukung Dinas Pariwisara dengan 255 event pariwisata tahun 2021. Pandemi Covid-19 belum berakhir, pihaknya juga akan mengawasi kinerja Dispar, agar semuanya tercapai.

"Event ini kita dukung lewat pembahasan di APBD juga dan melalui kebijakan," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews