Tarif Parkir Pinggir Jalan di Batam Akan Naik 100 Persen

Tarif Parkir Pinggir Jalan di Batam Akan Naik 100 Persen

ilustrasi.

Batam - Tarif parkir di Batam segera mengalami kenaikan. Hal ini disebutkan Dinas Perhubungan untuk menyesuaikan dengan target PAD sektor retribusi parkir tahun 2021 ini senilai Rp 35 M.

Kadis Perhubungan Kota Batam, Rustam Efendi mengatakan, roda dua yang awalnya Rp 1.000 akan naik menjadi Rp 2.000, kemudian roda empat yang awalnya Rp 2.000 menjadi Rp 4.000. Kenaikan ini akan disosialisasikan ke masyarakat.

"Rencananya akan naik, karena kita juga diberi target juga besar. Tapi ini masih dalam tahap pembahasan," ujar Rustam, Jumat (22/1/2021).

Ia menyampaikan kenaikan tarif parkir pinggir jalan didasari karena tarif parkir tersebut masih cukup murah dibandingkan dengan daerah lainnya. Selain itu juga, tarif parkir pinggir jalan tidak pernah mengalami kenaikan.

"Pelan-pelan kita sosialisasikan kepada masyarakat. Apalagi saat ini masih pandemi. Karena, tarif parkir di Batam ini, yang paling murah hanya seribu untuk sepeda motor. Di daerah lain sudah dua ribu," jelasnya.

Selain itu, Dishub Batam juga diminta untuk mengoptimalkan sejumlah titik-titik parkir yang belum digarap di tahun 2020. Hal ini untuk mengenjot pendapatan dari retribusi parkir di pinggir jalan.  

"Kita lagi mendata. Pastinya kita akan mengoptimalkan sejumlah titik-titik parkir belum kita pungut di tahun (2020) kemarin," kata Rustam.

Berdasarkan data, di tahun 2020 titik parkir yang disurvei sebanyak 710 titik. Dengan rincian 556 titik yang sudah dipungut. Sementara 154 merupakan titik yang belum dipungut. Karena, keterbatasan juru parkir di lapangan.

Dari 556 kawasan tersebut, sedikitnya 183 adalah titik parkir mandiri seperti Alfarmart atau Indomaret. Sedangkan 373 titik on the sport (OTS) yang menggunakan jasa juru parkir.

"Titik yang belum dipungut inilah nanti kita optimalkan. Agar pendapatan restribusi parkir bisa mencapai target ke depannya," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews