Wako Rudi Luncurkan BLU-e Gantikan Buku Uji KIR Kendaraan di Batam

Wako Rudi Luncurkan BLU-e Gantikan Buku Uji KIR Kendaraan di Batam

Rudi saat melihat proses BLU-e di Dishub Batam (Foto: ist)

Batam - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi meluncurkan Bukti Uji elektronik (BLU-e) di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam. Program ini menggantikan bukti lulus uji KIR yang dulunya berbentuk buku.

Rudi mengatakan bukti lulus uji elektronik ini merupakan satu sistem yang dibangun oleh Pemko Batam melalui Dishub.

"Hal ini dalam rangka mempermudah pelayanan kepada mereka yang punya kendaraan," kata Rudi.

BLU-e hanya memerlukan waktu lebih kurang 20 menit untuk melakukan pemeriksaan kendaraan. Dengan begitu dapat mempermudah pengurusan serta efisiensi.

“Artinya mempermudah mereka-mereka (pemilik kendaraan) yang berurusan dengan pemerintah khususnya Dishub" jelasnya.

Selain itu, untuk pembayaran dapat dilakukan secara praktis melalui bank yang bekerja sama dengan Dishub Batam. Sehingga pendapatan yang dihasilkan dari BLU-e dapat langsung masuk ke pajak daerah

"Sistem pembayaran menggunakan kartu Brizzi yang dikeluarkan oleh BRI. Saya titip kepada BRI, karena seluruh pengendara menggunakan Brizzi BRI. Karena, linknya tepat. Ke depan CSR-nya bakal begitu juga, bukan dalam bentuk lain tapi kegiatan," kata Rudi.

Menurutnya dengan BLU-e ini, maka Batam akan dijadikan kota smart city. Ia berharap dengan adanya BLU-e, dapat menertibkan kendaraan-kendaraan yang sudah tidak layak dijalankan lagi.

Sementara Kadishub Kota Batam, Rustam Efendi menyebutkan dengan BLU-e memiliki efisien dari segi biaya, sehingga lebih irit. Dan juga pengurusan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan uji sebelumnya.

"Dampaknya, tentu kita maju 360 derajat langkahnya. Yang jelas pengurusannya lebih cepat. Sekarang tidak ada turun-turun mobil lagi hanya 20 menit langsung selesai," ujar Rustam.

Ia menjelaskan, penggunaan BLU-e merupakan sistem yang terintegrasi ke pusat. Sehingga, bukti uji yang selama ini sebagai bukti lulus akan berubah menjadi kartu elektrik. Program ini, dapat meningkatkan kualitas pelayanan dalam kondisi fisik kendaraan bermotor.

"Program ini masuk ke data Nasional. Kartu tercetak berarti sudah masuk data. Sebelumnya kita sosialisasikann BLU-e dan mereka menyambut baik," jelasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews