Tingkatkan Keamanan Perbatasan, Detasemen Pertahanan Udara Segera Berdiri di Natuna

Tingkatkan Keamanan Perbatasan, Detasemen Pertahanan Udara Segera Berdiri di Natuna

Danlanud Raden Sadjad, Kolonel Pnb Dedy I. S. Salam (Foto:Yanto/Batamnews)

Natuna - Pemerintah Indonesia akan segera meresmikan Detasemen Pertahanan Udara 477 di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), pada Februari 2021 mendatang. Hal ini dalam rangka meningkatkan stabilitas keamanan udara di daerah perbatasan NKRI.

"Letak Natuna yang berbatasan langsung dengan beberapa negara di ASEAN menjadi pertimbangan penting kenapa pemerintah RI meningkatkan sistem pertahanannya di Kabupaten Natuna, terlebih pertahanan udara," ujar Danlanud Raden Sadjad, Kolonel Pnb Dedy I. S. Salam saat menggelar Coffe Morning bersama para insan pers di Lanud Ranai, Rabu (20/1/2021).

Tambahnya, hal tersebut juga tidak lari dari meningginya tensi klaim wilayah perbatasan yang kerap terjadi di wilayah laut Natuna Utara akhir-akhir ini.

"Lanud RSA merupakan Lanud operasi yang berada di bawah Koopsau I, yang mampu dan siap mendukung pelaksanaan operasi yang dilaksanakan oleh Alutsista TNI AU," ucap eks penerbang Sukhoi tersebut.

"Detasemen Pertahanan Udara sendiri, hanya ada tiga yang bakal diresmikan pada tahun ini untuk di seluruh Indonesia. Salah satunya Detasemen Pertahanan Udara 477 di Kabupaten Natuna," sambung Danlanud.

Sebagaimana diketahui, terkait masalah batas negara, khususnya di Laut Natuna Utara, Presiden Jokowi sangat memberikan perhatian khusus. Dibuktikan dengan kehadiran orang nomor satu tersebut beberapa kali ke Natuna.

Untuk itu fokus peningkatan keamanan baik di laut, darat, dan udara akan menjadi prioritas utama sebagai bentuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews