Kapolres Imbau Warga Bintan Waspadai Banjir Susulan

Kapolres Imbau Warga Bintan Waspadai Banjir Susulan

Banjir di Kabupaten Bintan, Minggu (10/1/2021). (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Hujan deras yang melanda Kabupaten Bintan selama dua hari sempat membuat permukiman yang berada di dataran rendah di 10 kecamatan terendam banjir. Bahkan ketinggian air yang merendam pemukiman mencapai 1,5 meter.

Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono mengatakan banjir yang terjadi pada 10 Januari itu tidak hanya merendam rumah warga saja. Tetapi juga merusak jalanan bahkan jembatan yang menjadi akses penghubung antar kecamatan.

"Banjir susulan kali ini lebih besar daripada sebelumnya. Banjir yang terjadi semalam itu mengakibatkan kerusakan dan ketinggian airnya mencapai 1,5 meter sehingga merendam beberapa wilayah," ujar Bambang, Senin (11/1/2021).

Pihaknya telah melakukan cek langsung ke lokasi paling parah yang diterpa banjir. Mulai dari RT 01/RW 01 Desa Malang Rapat, Jalan Raya Kawal Kampung Sumber Karya RT13/RW 5, Km 23 Kelurahan Toapaya (depan Lohas) dan Kampung Gesek Km 22 RT 12/RW 4 Kelurahan Toapaya.

Untuk di wilayah tersebut tidak hanya rumah warga terendam banjir. Tetapi akses jalan raya juga terganggu bahkan jembatan yang menghubungkan Gesek, Toapaya-Jalan Tirta Madu Kecamatan Bintan Timur (Bintim) terputus akibat hanyut terbawa banjir tersebut.

"Ada juga jalanan yang rusak dan longsor. Kemudian pemukiman yang terendam setinggi 1,5 meter di Kampung Pisang Kijang Kota dan di Kecamatan Teluk Sebong juga," jelasnya.

Bambang meminta agar warga Kabupaten Bintan untuk selalu waspada karena kemungkinan akan ada banjir susulan lagi beberapa hari mendatang. Jadi sebaiknya warga yang terdampak banjir tetap mengungsi untuk sementara waktu di lokasi yang telah disediakan oleh pemerintah sampai air benar-benar surut.

Dia juga telah mengintruksikan seluruh personelnya untuk tetap berjaga dan siaga. Kemudian terus membantu warga yang menjadi korban banjir baik dengan membantu evakuasi, membantu pengaturan di jalan yang terendam banjir, maupun memberikan bantuan berupa sembako dan lainnya.

"Semoga banjir yang melanda wilayah kita cepat berlalu dan cepat surut," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews