Basarnas Tanjungpinang Evakuasi Warga Terkepung Banjir

Evakuasi warga oleh basarnas Tanjungpinang, Minggu (10/1/2021) dini hari. Sejumlah wilayah tergenang banjir hingga setinggi pinggang orang dewasa. (Foto: Ist/Batamnews)

Tanjungpinang - Warga beberapa wilayah yang ada di Tanjungpinang kembali dievakuasi menggunakan rubber boat, Minggu (10/1/2021) akibat banjir.

 

Petugas SAR melakukan evakuasi warga sejak pukul 04.20 WIB dini hari.

Kepala Basarnas Tanjungpinang, Mu'min mengatakan, sejak pagi pihaknya telah melakukan evakuasi warga di beberapa titik banjir di Tanjungpinang.

"Ada enam wilayah telah kita lakukan evakuasi, seperti di Kilometer 8 Tanjungpinang," katanya.

Mu'min menyebutkan, warga dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Setelah itu Dinsos Tanjungpinang melakukan penanganan untuk kebutuhan warga.

"Petugas melakukan evakuasi warga yang lain. Saat ini hujan masih deras. Kita mengunakan perahu karet dan sejumlah armada lainnya," ujar Mu'min.

Basarnas membagi tiga tim evakuasi yakni di Kelurahan Batu IX,  Kelurahan Bukit Bestari dan Tanjungpinang Kota.

Adapun daerah yang mengalami kebanjiran yakni di Perumahan Gesya Jalan Raja Haji Fisabilillah Kilometer 8, Jalan Nusantara Kilometer 13, Jalan Bhayangkara, dan Kampung Kolam.

Pantauan Batamnews, Minggu siang, banjir merendam pemukiman warga hingga sedalam pinggang orang dewasa. Warga yang rumahnya mengalami kebanjiran telah dievakuasi petugas gabungan.

Walikota Tanjungpinang Rahma mengatakan, pihaknya bersama FKPD Tanjungpinang sejak subuh juga telah turun melakukan proses evakuasi warga.

"Warga telah kita evakuasi sejak subuh tadi, saat ini warga telah ditempatkan di pengungsian," katanya.

Rahma menyebutkan, pihaknya telah mengintruksikan Dinsos Tanjungpinang untuk menyiapkan segala kebutuhan makan untuk warga yang mengungsi

"Dapur umum telah disediakan sejak kemarin, jangan sampai warga kita sampaikan kelaparan, dari pagi kita melakukan penyisiran," ujarnya.

(adi)