Personel Marinir Siaga Evakuasi Banjir di Tanjungpinang

Evakuasi warga oleh Basarnas Tanjungpinang dan TNI, Minggu (10/1/2021) dini hari. Sejumlah wilayah tergenang banjir hingga setinggi pinggang orang dewasa. (Foto: Ist/Batamnews)

Tanjungpinang - Tiga pleton personel marinir dikerahkan dalam evakuasi korban banjir di sejumlah daerah di Kota Tanjungpinang, Minggu (10/1/2021). Mereka menurunkan perahu karet dalam proses evakuasi warga.

Pasukan marinir yang dipimpin Letkol (Mar) Kenal Mahdar, Minggu sekitar pukul 02.00 WIB dini hari langsung turun ke lokasi.

"Dapat informasi jam 02.00 WIB dini hari, langsung saya bersama anggota siaga banjir turun ke lapangan untuk segera membantu masyarakat sekitar," kata Komandan Yonmarhanlan IV ini.

Kemal menyebutkan, pihaknya mengerahkan 60 personel berserta armada seperti truk dan perahu karet untuk evakuasi warga yang mengalami kebanjiran.

"Karena kejadian banjirnya masih dini hari, sehingga membutuhkan cepat tanggap, air sudah dalam, tadi kita gunakan perahu karet,"ujarnya.

Kemal menjelaskan, dalam melakukan evakuasi warga, pihaknya membentuk tiga tim yang terdiri dua tim untuk penyisiran dan satu tim siaga.

"Kita satu tim di titik banjir membantu evakuasi masyarakat, dan dua tim ke tempat lainnya untuk melakukan penyisiran daerah lainnya," sebut dia.

Ia menyampaikan, saat ini di Tanjungpinang masih hujan. Pihaknya menyiagakan tim sebagai antisipasi kejadian banjir susulan.

"Daerah yang mengalami kebanjiran kita sudah petakan, ketika nanti membutuhkan evakuasi kita langsung terjun," ucap Kemal.

(adi)