Lingga Dapat Bantuan 100 Ekor Kambing di 2020

Lingga Dapat Bantuan 100 Ekor Kambing di 2020

Penyerahan bantuan kambing kepada kelompok peternak Ponpes Desa Musai akhir tahun 2020 lalu (Foto:Istimewa)

Lingga - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), mendapatkan bantuan 100 ekor kambing di tahun 2020 dari Kementerian.

Kepala DPKP Lingga, Siswadi melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh Teuku Taufik Ardiansyah mengatakan, kambing tersebut diperuntukkan untuk 4 kelompok peternak di Kabupaten Lingga.

Katanya, masing-masing kelompok mendapatkan 25 ekor kambing. Kelompok-kelompok peternak tersebut yakni berada di Desa Sungai Buluh, Kelurahan Raya, Pondok Pesantren (Ponpes) Desa Musai, serta Desa Duara.

"Kalau bantuan kambing ini baru pertama di Lingga. Sebelumnya sapi," kata Taufik kepada Batamnews, belum lama ini.

Ia menjelaskan, jika untuk bantuan sapi hampir merata pernah mendapatkan bantuan. Mulai dari Desa Kudung, Sungai Pinang, Limbung, Keton, Bukit Harapan, Bukit Langkap, Kerandin, Linau, Musai, serta Panggak Darat.

"Mensanak dan Pulau Duyung pun ada. Kalau tidak salah dari tahun 2009," sebutnya.

Taufik mengaku, khusus ternak kambing secara intensif di Lingga memang masyarakat belum terbiasa. Namun, pihaknya berharap desa/kelurahan bersama dengan dinas bisa bekerjasama seperti di Bukit Langkap, Sungai Buluh maupun Kelurahan Raya.

"Harapan kami kelompok peternak bisa bekerjasama dengan desa apakah itu BUMDes, sehingga bisa menunjukkan hasil nyata untuk masyarakat," harapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews