Puskesmas Benan Bantu Korban Rumah Ambruk di Mensanak Lingga

Petugas kesehatan menyerahkan bantuan sembako untuk korban rumah ambruk di Desa Mensanak (Foto:istimewa)

Lingga - Keluarga korban rumah ambruk akibat ombak laut yang terjadi Jumat (1/1/2021) lalu, di Desa Mensanak, Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), akhirnya mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan.

Tak hanya dari Pemkab Lingga, tapi juga dari Polres serta Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga melalui Puskesmas Benan.

Khusus dari Puskesmas Benan, bantuan diberikan berupa pengecekan kesehatan gratis, serta sembako. Bantuan sosial ini diberikan, Sabtu (2/1/2021) kemarin.

Baca: Sebuah Rumah Warga Mensanak di Lingga Ambruk Disapu Ombak Laut

"Penyerahan bantuan ini dilakukan oleh staf Puskesmas Benan," ucap Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan (Yankes) di DKPPKB Lingga, Ahmad Mudlofir kepada Batamnews, Selasa (5/1/2021).

Petugas melakukan pengecekan kesehatan terhadap warga korban rumah ambruk di Desa Mensanak (Foto:istimewa)

Ia menjelaskan, Puskesmas Benan memang tidak mendirikan posko kesehatan untuk warga di Desa Mensanak. Hal ini kata Mudlofir karena yang terdampak dari musibah rumah ambruk akibat gelombang air laut pasang itu hanya 1 keluarga (KK).

"Meskipun begitu, petugas kita di lapangan tetap memantau kesehatan warga yang mengungsi ke rumah saudaranya dan memberikan bantuan sembako," sebutnya.

Baca: Perpat Galang Dana Bantu Korban Bencana Awal Tahun di Lingga

Tak hanya itu, kegiatan yang dilakukan Puskesmas Benan lainnya adalah dengan memantau kesehatan warga yang terdampak. Kemudian juga memberikan penyuluhan kesehatan tentang penyakit dampak banjir.

"Petugas juga berpesan kepada warga untuk menghubungi petugas kesehatan terdekat (Pustu/Polindes) Mensanak bila sakit," pungkas Mudlofir.

(ruz)
SHARE US :