43 Napi Rutan Karimun Ikut Program Belajar Paket C

43 Napi Rutan Karimun Ikut Program Belajar Paket C

Foto: Edo/Batamnews

Karimun - Warga binaan Rutan kelas II Tanjungbalai Karimun, mengikuti program belajar Paket C kesetaraan SMA.

Proses belajar yang dilakukan di dalam Rutan tersebut, diikuti oleh puluhan warga binaan. Pendidikan yang diterima setara dan setingkat dengan sekolah umum.

Walaupun tidak secara tatap muka, para narapidana tetap melakukan pembelajaran secara secara daring dengan modul-modul yang diberikan.

Kepala Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun, Doddy Naksabani mengatakan, pembelajaran kesetaraan paket C merupakan hasil kerjasama pihaknya bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun.

"Ya program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas warga binaan dengan memberikan pendidikan. Sekarang ini, untuk paket C ada 43 orang," kata Doddy, Selasa (5/1/2021).

Meskipun berada di balik jeruji, bukan berarti warga binaan tidak mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan.

Dengan mendapatkan pendidikan yang layak, jika keluar setelah menjalani pembinaan mereka mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan ijazah. "Semoga ini bermanfaat kedepannya untuk mereka," katanya.

Pada pelajaran yang diberikan pada narapidan yang mengukuti, mata pelajaran yang diajarkan juga beragam. Diantaranya pelajaran B. Indonesia, Matematika, B. Inggris, Ekonomi dan lainnya.

Salah satu warga binaan, Farhan, mengaku senang bisa kembali melanjutkan pendidikan.

Menurutnya, ia telah putus sekolah sejak duduk di bangku kelas II SMA. Harapannya, ijazah itu nantinya dapat digunakan untuk menempuh pendidikan lebih tinggi. "Ya minimal, ijazah ini dapat digunakan untuk mencari kerja," katanya.

Ia mengaku, di dalam Rutan, ia bersama rekan lainnya diberikan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan. Di mana sebelum Pandemi Covid-19 melanda, pembelajaran dilakukan secara tatap muka satu minggu sekali.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews