https://www.batamnews.co.id

DPRD Natuna Restui Dua Desa Naik Status Jadi Kecamatan

Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar menandatangani pandangan akhir fraksi-fraksi DPRD Natuna terhadap Ranperda 2020, disaksikan Wabup Natuna, Ngesti Yuni Suprapti. (Foto: Yanto/Batamnews)

Natuna - DPRD Kabupaten Natuna merestui usulan dua desa untuk menjadi kecamatan, yakni Desa Seluan dan Desa Pulau Panjang. Seluruh fraksi menyetujui dua desa itu dinaikkan statusnya.

Hal ini disampaikan dalam paripurna dengan agenda penyampaian akhir fraksi-fraksi DPRD Natuna terkait 7 Ranperda, termasuk Ranperda pembentukan kecamatan tersebut, Senin (28/12/2020).

Juru bicara Fraksi Pemersatu Damai Natuna (PPDN), Lamhot Sijabat mengatakan, wacana pemekaran dua kecamatan tersebut bermula dari adanya aspirasi masyarakat.

“Rentang kendali wilayah dan perkembangan penduduk, di samping sarana dan prasarana lainnya menjadi pertimbangan,” ujarnya.

Senada dengan hal itu, Jubir Fraksi Perjuangan Nurani Rakyak ( PNR), Ibrahim menyebut pembentukan kecamatan merupakan instrumen penting dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu menciptakan pemerintahan yang efektif dan efisien.

“Saya berharap kepada pemerintah daerah dengan adanya penambahan kecamatan baru tentu alokasi anggaran diharapkan disalurkan secara merata pada masing-masing kecamatan,” ucapnya.

Pandangan fraksi ini juga disambut baik Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti. Langkah selanjutnya dikatakan Ngesti adalah mendapatkan nomor registrasi dari Kementerian Dalam Negeri. Namun sebelumnya perlu evaluasi Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

“Awal Januari 2021 kita akan kirim berkas ke Pemprov Kepri untuk diteruskan kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri,” ujarnya

Jika sudah mendapatkan registrasi dari Pemerintah Pusat, Ngesti menegaskan akan secepatnya meresmikan kedua kecamatan tersebut sebelum pemerintahan periode ini selesai.

“Mudah-mudahan terealisasi, ini adalah bentuk kesungguhan kami dari pemerintahan daerah, sesuai dengan janji kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih dalam periode saya dan Bapak Hamid Rizal,” ungkapnya.

(Yan)