Ingin ke Pulau Jawa? Warga Natuna Bisa Rapid Test Antigen di Lokasi Ini

Ingin ke Pulau Jawa? Warga Natuna Bisa Rapid Test Antigen di Lokasi Ini

RSUD Natuna. (dok/Batamnews)

Natuna - RSUD Natuna saat ini sudah melayani pemeriksaan Rapid Test Antigen. Seperti diketahui, sejumlah daerah di Indonesia saat ini mewajibkan setiap orang yang datang membawa keterangan negatif Covid dari pemeriksaan RDT Antigen.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Natuna, Hikmat Aliansyah mengatakan rapid test antigen merupakan salah satu pengujian virus corona dengan mendeteksi protein virus (antigen).

"Berbeda dengan rapid test antibodi, rapid antigen ini cara pemeriksaannya menggunakan swab nasofaring atau orofaring, mirip seperti PCR. Tujuannya mendapatkan virus pada sampel lendir yang diambil dari dalam hidung ataupun tenggorokan," jelasnya.

Antigen memiliki sensitvitas maksimal 94%, dan spesifisitas sebesar lebih dari 97%.

Kepri sendiri masih memberlakukan rapid tes antibodi biasa. Namun sejumlah daerah, mayoritas di Pulau Jawa seperti Jakarta, Yogyakarta, Malang, Bali dan beberapa daerah mewajibkan rapid antigen bagi warga yang hendak masuk.

"Untuk itu bagi masyarakat yang hendak keluar Natuna menuju ke daerah daerah yang mewajibkan menggunakan rapid antigen, saat ini sudah bisa melakukan rapid antigen di RSUD Natuna," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews