Komitmen Majukan Pariwisata Perbatasan, Ini yang Dilakukan GenPI Natuna

GenPI Natuna bersama para komunitas saat acara Fun Camping (Foto:Yanto/Batamnews)

Natuna - Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) menggelar Fun Camping bersama beberapa komunitas di Pantai Sujung, Kecamatan Bunguran Timur Laut, 25-26 Desember 2020. Kegiatan ini dilakukan guna memajukan sektor pariwisata di Natuna.

Acara yang dikemas dalam bentuk Fun Camping itu selain diikuti beberapa komunitas seperti Badan Pengelola Geopark Natuna, Management Natuna Dive Resort, Mapala STAI, KNPI, Pokdarwis Natuna, Kompas Benua, Komunitas Lensa Natuna, Forum Guide Natuna, serta beberapa komunitas lainnya, juga diikuti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) setempat.

Ketua GenPI Natuna, Kiki Firdaus mengatakan bahwa acara ini merupakan agenda GenPI Natuna dalam memberdayakan komunitas yang ada di Natuna, dalam rangka mendukung dan ikut bersama sadar terhadap pengembangan dunia pariwisata yang ada di kabupaten tersebut.

"Dalam kesempatan ini juga kita adakan penandatanganan MoU antara semua komunitas yang hadir untuk berkomitmen bersama-sama dalam mengembangkan dunia wisata Natuna," ujar Kiki.

Pada kesempatan tersebut, GenPI Natuna juga melaunching logo baru serta menggelar rapat tahunan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Kardiman mengatakan bahwa Disparbud Natuna mengapresiasi kegiatan Fun Camping yang telah dilaksanakan oleh GenPI Natuna bersama para komunitas yang ada.

"Untuk sebuah perubahan harus adanya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, komunitas, pelaku usaha, akademisi dan media. Jadi untuk memajukan sektor pariwisata Natuna harus saling mendukung dari masing-masing unsur di atas," sebutnya.

Ditempat sama, Ketua Badan Pengelolaan Geopark Natuna, M Alim Sanjaya mengaku kagum dengan kegiatan yang dilaksanakan GenPI.

“Natuna sebagai kawasan Geopark bukan saja untuk pengembagan wisata. Namun keberadaan Geopark sebagai kawasan konservasi, edukasi dan ekonomi berkelanjutan. Dalam Struktur Badan Pengelolaan Geopark pun bukan hanya didominasi pemerintah, tetapi peran komunitas sangat diharapkan," jelas Alim.

Kehadiran pihak Manajemen Natuna Dive Resort (NDR), membuat pertemuan ini lebih sempurna. Mirza Ghamal dalam sambutannya, mengatakan bahwa NDR siap membantu pengembangan pariwisata Natuna.

Pihak NDR telah melakukan MoU dengan Badan Pengelola Usaha (BPU) UNRI terkait kerjasama pengembangan pariwisata. Saat ini NDR sedang menjajaki kerjasama dengan pihak airline untuk persiapan penerbangan langsung Jakarta-Natuna.

(Yan)