Petani Desa Sei Besar di Lingga Diajarkan Bikin Pupuk

Petani Desa Sei Besar di Lingga Diajarkan Bikin Pupuk

Petani Desa Sei Besar diajarkan membuat pupuk kompos (Foto: istimewa)

Lingga - Karang Taruna Generasi Mahardika, Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), menggelar pelatihan pembuatan pupuk kompos, Sabtu (19/12/2020).

Kegiatan yang mengusung tema `Membentuk Pengetahuan dalam Pemanfaatan Limbah Tepat Guna` ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Sungai Besar, dan sekaligus prakteknya dilangsungkan di penggilingan padi desa setempat.

Ketua Panitia kegiatan, Medi Iskandar berpesan kepada peserta pelatihan agar bisa mengimplementasikan pengetahuan yang didapat supaya para petani Desa Sungai Besar mandiri dan tidak bergantung pada pupuk kimia.

"Karena di setiap halaman rumah kita terdapat bahan baku pembuatan pupuk kompos yang ramah terhadap lingkungan dan berdampak baik kepada ekosistem. Jadi kita dapat mengurangi sampah yang biasa tidak kita gunankan," ujarnya pada kesempatan tersebut.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Sungai Besar, Nuzul Fitriadi mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu program karang taruna untuk mengabdi kepada masyarakat Desa Sungai Besar yang notabennya adalah petani tanaman muda yang tidak bisa dipisahkan dari pupuk dalam hal kesuburannya.

"Jadi itu saya berharap setelah selesainya kegiatan ini para peserta dapat membuat pupuk sendiri sehingga bisa menghemat biaya. Karena cuma membutuhkan Rp 70 ribu untuk membuat pupuk dalam sekala banyak, karena cuma membeli EM 4 dan gula merah karena selebihnya ada di sekitar kita yang selama ini kita abaikan," jelasnya.

Nuzul juga menambahkan, karang taruna selama ini tidak memfokuskan kegitannya di bidang persawahan, karena baginya itu bukan budaya masyarakat Desa Sungai Besar. Pasalnya, budaya masyarakat Desa Sungai Besar adalah berkebun.

Sebagaimana diketahui, adapun yang menjadi narasumber di kegiatan pelatihan pembuatan pupuk kompos tersebut yakni, Kepala Bidang Pertanian di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Lingga, Hernowo Andriantoro.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews