Breaking News! Anambas Diterjang Banjir Bandang dan Tanah Longsor

Banjir bandang dan tanah longsor terjang Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto: ist/Batamnews)

Anambas - Musibah banjir bandang dan tanah longsor terjadi di Kecamatan Siantan dan Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Minggu (20/12/2020) sore.

Pusdalops-Pengendalian Bencana BPBD Kabupaten Kep. Anambas melaporkan curah hujan yang tinggi terjadi dari pukul 09.00 WIB hingga petang menyebabkan debit air meningkat, sehingga mengakibatkan banjir bandang di Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan dan Desa Tarempa Selatan.

Selain itu tanah longsor juga terjadi di Desa Pesisir Timur Kecamatan Siantan dan Desa Temburun, Kecamatan Siantan Timur.

Dari pendataan yang dilakukan BPBD Anambas, di Kecamatan Siantan, meliputi banjir bandang di Kelurahan Tarempa (wilayah Patimura dan Raden Saleh), banjir bandang di Desa Tarempa Selatan (wilayah batu tambun dan sekitarnya), tanah longsor di Desa Pesisir Timur yang menimbun badan jalan.

Kemudian di Kecamatan Siantan Timur tanah longsor di Desa Temburun yang menimbun badan jalan. Saat ini belum dilaporkan adanya korban meninggal, hilang atau luka. Sumber resmi menyebutkan diperkirakan sebanyak 100 KK yang di bermukim di daerah Jl Pattimura dan sekitar 200 KK di Jl Raden Saleh terdampak musibah ini.

Sejumlah sarana dan prasarana rusak,  akses jalan di Desa Pesisir Timur tertutup dan mengganggu jalur transportasi. Begitu juga akses jalan di Desa Temburun juga terganggu. Tampak beberapa tiang listrik yang tumbang.

BPBD melaporkan saat ini kebutuhan mendesak berupa alat evakuasi, logistik, dapur umum dan escavator sangat dibutuhkan.

(Yan)
SHARE US :