Pjs Gubernur Bahtiar Dorong Letung Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Pjs Gubernur Bahtiar Dorong Letung Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Bandara Letung, salah satu infrastruktur yang bisa mendorong perekonomian daerah. (Foto: Batamnews)

Tanjungpinang - Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin mendorong Letung, Kabupaten Anambas bisa dijadikan sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK).

Tujuannya, untuk meningkatkan dan pemerataan pembangunan, perekonomian yang akan berimbas kesejahteraan masyarakat.

"Dengan kondisi geografis Letung yang sangat sterategis, lahan yang masih luas dan keindahan laut dan kekayaannya sangat luar biasa juga berada di tengah-tengah, sangat pas dijadikan sebagai KEK," kata Bahtiar setelah melihat langsung kondisi Kabupaten Anambas, Senin (30/11/2020)

Hal itu juga terang Bahtiar, karena daerah di Anambas tidak mungkin mengharapkan limpahan dari Batam dan Pulau Bintan karena rentang jarak yang jauh ini. Untuk itu Anambas dan khususnya Letung harus punya kawasan khusus.

Bahtiar menyebutkan, yang harus didorong agar kawasan KEK di Letung ini maksimal, maka harus ada tiga kawasan KEK yakni KEK Pariwisata, KEK Pertanian dan Perkebunan dan KEK Industri. 

Untuk KEK Pariwisata, Letung memiliki keindahan laut yang luar bisa, juga pantai dengan hamparan pasir halus putih bersih sangat panjang dan indah. 

Belum lagi, keindahan bawah lautnya yang sudah tidak diragukan lagi aneka rupa flora dan fauna bawah lautnya dan ini perlu dieksplor agar banyak wisatawan yang datang ke Letung.

"Di Letung dan sekitarnya banyak kawasan wisata yang menarik, seperti Pantai Padang Melang, Pulau Bawah yang sudah sangat terkenal itu dan kawasan wisata lainnya yang masih terjaga dan terawat dengan baik dan untuk pengembangnya harus dijadikan kawasan KEK Pariwisata," ujarnya.

Selain itu, ujar Dirjen Polpum Kemendagri ini, yang harus didoroang lainnya yakni kawasan KEK Pertanian dan Perkebunan dimana Letung yang memiliki lahan luas dan subur, bisa dijadikan sebagai kawasan KEK Pertanian yang tentunya akan bisa memacu perkembangan semua bidang pertanian yang ada di Letung.

Untuk menyukseskan KEK Pertanian itu, salah satunya dengan gerakan menanam 1 miliar pohon kelapa. Selain itu masih banyak hasil dari sektor pertanian, perkebunan lainnya, yang tentunya akan memberi nilai tambah di Letung.

"Saya yakin program penanaman 1 miliar pohon kelapa ini akan memberi dampak positif bagi masyarakat petani di Lingga. Investor tentunya akan masuk dan ke depan buah kelapa akan menjadi andalan dan ikon Provinsi Kepri," tuturnya.

Ditambahkan Bahtiar, yang harus didorong lainnya yakni kawasan KEK Industri, laut Letung dan Anambas secara umum memiliki kekayaan ikan yang melimpah tentunya ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi investor.

Bukan hanya ikan unggulan seperti Kerapu, Napoleon yang selama ini menjadi primadona, tetapi ada hasil laut lainnya seperti lobster, kepiting dan lain-lainnya yang juga nilai ekonominya sangat baik namun belum tergali secara maksimal. 

"Kita dorong KEK Industri pengolahan hasil laut ini, sehingga di Anambas ini akan maju di bidang perikanan dan pastinya bukan hanya Letung tapi secara umum Anambas akan maju," harapnya.

(sut)