Masih Tersisa 97 Tiang Jembatan II Dompak yang Akan Diremajakan

Masih Tersisa 97 Tiang Jembatan II Dompak yang Akan Diremajakan

Gubernur Kepri, Isdianto meninjau Jembatan II Dompak, Senin (7/12/2020). (Foto: Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang - Sebanyak 68 tiang dari 165 tiang penyangga Jembatan II Dompak sudah diremajakan. Pemprov kepri rencananya akan melakukan peremajaan 97 tiang lainnya dalam tahap kedua.

Jembatan II Dompak sendiri saat ini sudah kembali dibuka, setelah ditutup sebelumnya. Hal ini karena kondisi jembatan yang mengkhawatirkan karena ditemukan tiang-tiang penyangga yang mengalami korosi parah.

Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan Pemprov menganggarkan APBD 2021 sebesar Rp 4,7 miliar untuk peremajaan tiang lanjutan tersebut.

"Sudah kita anggarkan 2021, jadi perbaikan jembatan ini tetap kita lanjutkan," ucapnya saat melakukan peninjauan, Senin (7/12/2020).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Provinsi Kepri, Abu Bakar mengatakan, total anggaran yang dialokasikan untuk kelanjutan perbaikan tiang jembatan tahun 2021 senilai Rp4,7 miliar.

"Anggaran tersebut untuk memperbaiki sisa tiang jembatan yang belum diperbaiki," ujar Abu.

Abu menambahkan, pada tahun anggaran 2020 , jumlah tiang yang diperbaiki ada sebanyak 68 tiang dari total 165 tiang jembatan.

Ke 68 tiang itu mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga didahulukan perbaikannya.

Sedangkan 97 tiang lainnya, tambah Abu tidak mengalami kerusakan parah. Sehingga diputuskan baru akan diperbaiki tahun anggaran 2021 mendatang.

"Kita prioritaskan perbaikan tiang yang mengalami kerusakan cukup parah dulu dengan anggaran Rp 8,7 miliar. Saat ini jembatan sudah diperbaiki dan sudah bisa dilalui walau dengan kendaraan yang terbatas," tuturnya.

Kendaraan yang diperbolehkan melintasi Jembatan II Dompak ini dibatasi berbobot maksimal 3,5 ton dan tinggi maksimal 2, 4 meter


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews