Sukses Uji Ketahanan, Jembatan II Dompak Siap Dibuka Besok

Sukses Uji Ketahanan, Jembatan II Dompak Siap Dibuka Besok

Uji ketahanan Jembatan II Dompak, Jumat (20/11/2020). Jembatan ini siap dipakai Sabtu (21/11/2020). (Foto: Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang - Perbaikan Jembatan II Dompak, Tanjungpinang selesai dikerjakan. Proses uji coba ketahanan jembatan (loading test) juga sudah dilakukan dengan sukses.

"Kita baru saja melakukan uji dynamic loding test atau uji coba kekuatan jembatan yang telah diperbaiki dan hasilnya sangat baik dan sukses," kata Kabid Bina Marga Dinas PUPRP Provinsi Kepri Rodi Yantari, Jumat (20/11/2020).

Baca juga:

Dari hasil uji dinamic loding test tadi tambah Rodi, selain hasilnya baik, untuk ketahanan jembatan sudah sangat kokoh dan kuat.

Dalam uji coba itu, jembatan dites dengan beban berat dengan menggunakan mobil dump truck.

"Jembatan sudah sangat layak dengan menahan beban 6 hingga 8 ton. Namun untuk sementara ini kita hanya membolehkan kendaraan dengan beban 3,5 ton dulu," ujar Rodi.

Sebab, dari total tiang penyangga Jembatan II sebanyak 165 tiang, yang diperbaiki baru sebanyak 68 tiang. Sementara masih ada sisanya 97 tiang yang akan diperbaiki bertahap.

"Kita fokus ke tiang jembatan yang kerusakannya parah dulu. Namun, kedepan akan dilanjutkan dengan perbaikan secara bertahap, tahun depan dianggarkan untuk lanjutanya," terangnya.

Untuk pekerjaan perbaikan jembatan ini dikerjakan lebih cepat 20 hari, dari kontrak kerja, namun dipastikan hasil pekerjaan sesuai spesifikasi kontrak.

"Pekerjaan dipercepat, karena ada permintaan dari Pak Gubernur Isdianto, agar jembatan bisa digunakan pertengahan November ini dan kita realisasikan saat ini," kata Rodi.

Rodi juga menambahkan, bahwa perbaikan jembatan ini menggunakan sistem HDPE dengan melapisi tiang, dan kekuatanya bisa mencapai 25 hingga 30 tahun dengan syarat perawatan secara maksimal.

"InsyaAllah jembatan akan tahan hingga 30 tahun. Dan kita besok Sabtu, akan melakukan syukuran sekaligus pembukaan jembatan," ujarnya.

Sementara, Herman selaku perwakilan PT Graha Survey Indonesia yang melakukan uji coba menyatakan, tidak ada kendala dalam melaksanakan dynamic loading test semua berjalan baik dan hasilnya juga sempurna.

"Tadi seperti apa yang disampaikan Pak Rodi. Tidak ada kendala dari hasil perbaikan itu, kondisi jembatan sudah sangat baik dan layak dipakai," katanya singkat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews