Lingga Tambah 1 Pasien Covid-19, Total Jadi 2 Kasus

Lingga Tambah 1 Pasien Covid-19, Total Jadi 2 Kasus

Ilustrasi (Foto: Batamnews)

Lingga - Pasien terkonfirmasi virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Lingga, bertambah 1 kasus baru, Jumat (13/11/2020). Pasien yang diketahui berinisial Ny. SW (36) itu merupakan warga Kecamatan Singkep.

Juru bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga, Wirawan Trisna Putra mengatakan, Ny. SW yang ditetapkan sebagai pasien 07 ini dinyatakan positif Covid-19 usai hasil Swab yang dilakukan pada tanggal 6 dan 7 November keluar pada tanggal 12 November 2020.

"Untuk kontak erat pasien 07 ini sebanyak 5 orang dan telah dilakukan pengambilan Swab. Saat ini pasien 07 menjalani isolasi di rumah singgah Provinsi Kepulauan Riau di Kota Tanjungpinang," ujar Wirawan kepada Batamnews, Jumat (13/11/2020) malam.

Ia menjelaskan, adapun kronologis Ny. SW hingga terpapar Covid-19 yakni dimulai pada tanggal 3 November 2020. Pada hari itu, yang bersangkutan bersama suami dan anaknya menggunakan kendaraan bermotor naik kapal Roro menuju Kota Tanjungpinang.

Kemudian, mereka tiba di Tanjungpinang pada 4 November 2020 untuk melakukan kontrol rutin ke spesialis bedah RSUD Kota Tanjungpinang. Pada tanggal 6 November, pasien ke RSUD dan dilakukan screening awal, dan didapat hasil rapid test reaktif.

Kemudian pada hari yang sama atas petunjuk dokter spesialis bedah paru dilakukan pengambilan Swab H-1 pada tanggal 6 November dan H-2 pada tanggal 7 November. Hasil pemeriksaan tes PCR tersebut keluar pada 12 November dengan status konfirmasi positif Covid-19.

"Dinkes Tanjungpinang menghubungi Dinkes Lingga untuk mengkonfirmasi hasil tersebut. Berdasarkan laporan itu, Dinkes Lingga dan Puskesmas Dabo Lama melakukan tracking kontak erat sebanyak 5 orang, dan dilakukan pengambilan Swab RT-PCR. Saat ini mereka telah melakukan isolasi," jelasnya.

Sementara itu, untuk pasien 06 yang lebih dulu terpapar Covid-19 masih menjalani isolasi di rumah karantina Kabupaten Lingga. Sedangkan untuk kontak erat ada sebanyak 38 orang dan telah dilakukan pengambilan Swab pada 12 dan 13 November 2020.

Baca: Update Corona Lingga: Muncul 1 Kasus Baru, 40 Orang Kontak Erat


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews