Update Corona Lingga: Muncul 1 Kasus Baru, 40 Orang Kontak Erat

Ilustrasi (Foto: Batamnews)

Lingga - Kasus baru terkonfirmasi positif virus Corona (Covid-19) kembali muncul di Kabupaten Lingga. Pasien tersebut yakni, Ny. E (52) asal Kecamatan Singkep, dan ditetapkan sebagai pasien 06.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga, Wirawan Trisna Putra mengatakan, seorang warga tersebut dinyatakan positif Corona setelah hasil pemeriksaan Swab RT-PCR yang dilakukan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam keluar.

"Yang bersangkutan dirawat sejak 23 Oktober 2020 dengan keluhan batuk, demam, disertai sesak yang memberat. Setelah dilakukan pemeriksaan diagnosis sebagai pneumonia, selama dalam perawatan di RSUD Dabo, pasien tidak menunjukkan perkembangan yang memuaskan," kata Wirawan kepada Batamnews, Rabu (11/11/2020) malam.

Berkaca dari kondisi itu, Ny. E dicurigai mengidap gejala Covid-19. Keluarga pasien pun mengakui bahwa Ny. E ada riwayat perjalanan dari transmisi lokal. Sehingga, pada tanggal 6 dan 7 November, dilakukan Swab RT-PCR dan hasilnya keluar pada 10 November, pukul 20.00 WIB.

"Jadi hasil Swab-nya positif Covid-19. Saat ini yang bersangkutan telah melakukan isolasi di ruang isolasi Kabupaten Lingga dan dipantau oleh petugas kesehatan," ujarnya.

Sedangkan untuk kontak erat sendiri, Wirawan menjelaskan untuk sementara tercatat 40 orang. Namun jumlah tersebut masih akan terus berkembang. Kontak erat ini juga akan diambil Swab H-1 pada tanggal 12 November dan Swab H-2 pada tanggal 13 November.

"Saat ini kegiatan tracking dan penyelidikan epidemiologi sedang dilakukan, dan apabila ada masyarakat yang melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi 06 ini diharapkan agar dapat menghubungi petugas kesehatan terdekat," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, upaya penemuan kontak erat sesuai notifikasi dari kasus konfirmasi positif Covid-19 berdasarkan pedoman penanggulangan Covid-19. Dengan demikian diharapkan masyarakat Lingga tetap tenang, siaga dan waspada. Kemudian disiplin pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun.

(ruz)