Mendagri Tito Minta Kepala Daerah Terpilih Tiru Joe Biden

Mendagri Tito Minta Kepala Daerah Terpilih Tiru Joe Biden

Mendagri Tito Karnavian bersama Ketua KPK Firli Bahuri saat agenda Pembekalan Pilkada di Radison Hotel, Batam. (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam - Mendagri Tito Karnavian terinspirasi Joe Biden saat pidato kemenangan sebagai Presiden AS. Biden menegaskan jika agenda pertamanya setelah jadi presiden yakni mengendalikan Covid-19.

 

Ia berpendapat tanpa menangani Covid-19 dengan baik, maka program lain sulit dilaksanakan.

Dalam pembekalan Pilkada di Batam, Tito berpesan kepada para calon kepala daerah, bisa mengambil langkah yang sama dengan Biden jika terpilih nanti.

“Persoalan itu harus segera dilaksanakan dengan baik,” katanya, Selasa (10/11/2020).

Tito memberikan Pembekalan Pilkada Berintegritas 2020 secara virtual untuk Provinsi Kepulauan Riau, Lampung, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Timur (NTT) di Radisson Hotel, Batam.

Ia menyampaikan, alasan Pilkada Desember mendatang tetap dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19, karena tidak ada yang tahu kapan pandemi selesai. “Mulai dari vaksin, mutasi virus, tidak ada yang bisa memastikan,” katanya.

Dijelaskannya anggaran yang digelontorkan untuk Pilkada seluruh Indonesia dari APBN Rp 15,23 triliun pada awalnya. Kemudian mengalami penambahan sebesar Rp 4,77 triliun, sehingga total Rp 20,4 triliun.

“Anggaran itu ditambah untuk pembelian alat-alat protokol kesehatan, serta juga penambahan TPS,” ucapnya.

Pada pembekalan tersebut juga disepakati antara Kemendagri, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) untuk mewujudkan Pilkada yang berintegritas. Sekaligus juga meningkatkan kualitas demokrasi.

“Tetap jaga pelaksanaan Pilkada, jangan sampai terjadi kerumunan, jika ada (pelanggaran protokol kesehatan) maka Bawaslu dan Polri akan tindak tegas,” kata dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews