Debat II Pilkada Karimun: Iskandar Bahas Layanan Publik, Rafiq Bicara Digitalisasi

Debat II Pilkada Karimun: Iskandar Bahas Layanan Publik, Rafiq Bicara Digitalisasi

Debat II Pilkada Karimun. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - Debat kandidat putaran dua Pilkada Karimun 2020 digelar di Hotel Aston Karimun, Minggu (8/11/2020) malam. Tema debat Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan bersih di Kabupaten Karimun.

Sebelum dimulainya putaran debat, dua paslon yaitu pasangan nomor 01 Aunur Rafiq-Anwar Hasyim (Arah) dan pasangan nomor 02 Iskandarsyah-Anwar Abubakar (Bersinar), menyampaikan visi misi sesuai dengan tema.

Pasangan Bersinar mendapat kesempatan pertama dalam penyampaian dengan visi mewujudkan Karimun maju dan sejahtera. 

"Masyarakat yang maju, mengurangi pengangguran, pengurangan angka kemiskinan, meningkatkan daya saing daerah, kuncinya ada di Bupati dan Wakil Bupati," kata Iskandar.

Iskandar mempunyai rencana dalam pelayanan prima yang ramah, penuh senyuman, cepat dan mudah. Kemudian, dalam bidang pendidikan, transportasi laut bagi anak sekolah dan para guru di pulau-pulau.

"Di bidang kesehatan, kami akan kuatkan RS di Kundur dengan menaikkan tipe, dan menempatkan spesialis di sana," ucap Iskandar.

Tidak hanya itu, pasangan ini juga mengusung perbaikan izin usaha dan investasi juga akan dipermudahkan dengan membangun integritas pelayanan agar mudah diakses oleh masyarakat.

"Jika kami terpilih nanti, tata kelola pemerintah menghilangkan korupsi, sistem Sodare Mare, menaikkan insentif honor dan tenaga kebersihan, membayar kontraktor tepat waktu," ucapnya.

Selain itu, pasangan bersinar juga menyinggung tentang daya saing Karimun sebagai wilayah perbatasan yang bisa menginternasional.

Lalu, penerapan Perda yang disebutkan paslon Bersinar, selama ini banyak yang tidak berjalan setelah disahkan. 

"Oleh sebab itu, jika terpilih, kami akan melakukan evaluasi, revisi, dan perubahan," kata Iskandar.

 

Pasangan Aunur-Anwar Hasyim

Sementara itu, Pasangan Aunur Rafiq-Anwar Hasyim menyampaikan bahwa apa yang akan dilakukan tidak jauh dari yang telah disampaikan sebelumnya.

"Kami, pasangan ARAH tidak jauh dari yang disampaikan sebelumnya, karena kami konsisten," kata Calon Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

 

Menurutnya ARAH memiliki 9 isu strategis, 5 misi untuk memajukan Kabupaten Karimun, dengan tetap berpegang pada 4 azam sebagai penggerak.

Untuk sistem pelayanan publik di pemerintahan. Dikatakan Rafiq bahwa akan semakin memantapkan sistem digitalisasi yang dapat diakses masyarakat di mana saja.

"Pada kepemimpinan kami itu sudah berjalan, digitalisasi dalam pelayanan publik memudahkan masyarakat, terutama di pulau-pulau. Hanya tinggal menambah dan memoles saja dengan tata kelola yang baik," ujar Rafiq.

Ditambahakannya juga bahwa, dengan dilakukannya sistem digitalisasi dalam pelayanan, juga mencegah terjadinya kejahatan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Dapat kita lihat, kita juga bekerja sama dengan KPK dan Inspektorat. Sehingga pelaksanaan dapat bersih," katanya.

Setelah itu, sesi debat dan adu argumen juga terjadi pada masing-masing baik pasangan nomor urut 01 dan 02. Terjadi saling serang dan saling sanggah hingga waktu yang diberikan berakhir.

Debat putaran kedua itu dimulai pukul 20.00 WIB, dengan tetap menghadirkan lima panelis yang digunakan pada debat putaran pertama pada 25 Oktober 2020 kemarin.

Rencananya, debat putaran ketiga akan dilangsungkan pada 22 November mendatang, yang juga digelar di Hotel Aston Karimun.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews