Debat Pilkada Karimun Tahap II Digelar 8 November

Debat Pilkada Karimun Tahap II Digelar 8 November

Kedua Paslon Pilkada Karimun saat debat pertama Pilkada Karimun (Foto:Edo/Batamnews)

Karimun - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, akan menggelar debat publik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahap II pada Minggu (8/11/2020). Namun, sebelum menggelarnya, KPU terlebih dulu akan melakukan evaluasi.

Evaluasi yang dilakukan mulai dari melihat tempat atau lokasi dilaksanakannya debat beserta dengan fasilitasnya. Kemudian juga penyelenggara, panelis, moderator, pengamanan, penerapan protokol kesehatan dan juga pihak penyiaran.

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko mengatakan bahwa pihaknya telah menggelar rapat dengan berbagai pihak, termasuk LO Paslon atau tim dari Paslon 01 dan 02.

"Mengenai seperti apa respon masyarakat diluar tentang debat terbuka yang telah dilaksanakan, masing-masing pasangan calon meminta agar durasi debatnya ditambah," kata Eko.

Untuk debat putaran kedua, KPU Kabupaten Karimun telah mulai mempersiapkan segala yang dibutukan. Hanya saja, untuk penambahan durasi dalam debat terbuka tersebut tidak bisa diganggu gugat.

"Kalau ditambah (durasi) saya pikir agak sulit, karena aturannya pun begitu. Kalau ada tiga pasangan calon durasinya lebih panjang lagi," ucapnya.

Namun, Eko menilai masih akan mempelajari bagian mana yang perlu dikurangi agar pemanfaatan waktu yang hanya diberikan selama dua jam secara keseluruhan, dapat lebih dimaksimalkan.

"Paling ada beberapa poin yang perlu kita kurangi, seperti misalnya pembacaan tata tertib saat debat, mungkin bisa melalui rekaman suara atau menggunakan slide, sehingga tidak memakan waktu, atau bisa saja sambutan saya selaku Ketua KPU lebih dipersingkat, masih kita pelajari untuk persiapan putaran kedua nanti," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews