Desa Batu Kacang di Lingga Raih Juara Pertama `Desa Pangan Aman` Tingkat Nasional

Desa Batu Kacang di Lingga Raih Juara Pertama `Desa Pangan Aman` Tingkat Nasional

Plt Kepala Dinkes-PPKB Lingga, Mulkan Azima menyerahkan hadiah kepada Kepala Desa Batu Kacang, Suharkopeni atas capaian sebagai juara pertama Desa Pangan Aman tingkat nasional (Foto:istimewa untuk Batamnews)

Lingga - Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, berhasil meraih juara pertama lomba Desa Pangan Aman tingkat Nasional tahun 2019. Pengumuman pemenang nominasi lomba ini diumumkan melalui video conference (Vidcon) di Aula Hotel Prima Inn, Dabo Singkep, Rabu (21/10/2020).

Kepala Seksi (Kasi) Kefarmasian Alat Kesehatan dan PKRT (Farmalkes) di Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, Lia Handayani mengatakan, kegiatan ini masuk dalam kegiatan Aksi Nasional Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman.

"Ini gerakan keamananan pangan desa, dimana gerakan ini sudah dicanangkan oleh BPOM RI sejak tahun 2014 diikuti oleh 29 desa di seluruh provinsi di Indonesia," kata Lia kepada Batamnews, usai pengumuman pemenang lomba, Rabu (21/10/2020).

Ia menjelaskan, sebelum berhasil sukses meraih gelar juara pertama, Desa Batu Kacang harus melewati berbagai seleksi yang cukup panjang.

"Setelah melewati seleksi masuk dalam tujuh besar Nominasi Nasional Lomba Desa Pangan Aman, Desa Batu Kacang berhasil mendapatkan gelar juara pertama tingkat Nasional," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPOM RI, Dr. Penny K. Lukito dalam Vidcon tersebut berharap dengan capaian ini diharapkan dapat menjadi semangat Desa Pangan Aman untuk terus meningkatkan keamanan pangan di desa masing-masing.

"Prestasi ini kami harap dapat menjadi inspirasi desa lain untuk meningkatkan keamanan pangan desa kita. Karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Terimakasih kepada pihak yang telah berpartisipasi," harap Dr. Penny.

Menanggapi hal itu, Pejabat sementara (Pjs) Bupati Lingga, Juramadi Esram mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada BPOM RI, BPOM Batam dan lintas sektor terkait di Kabupaten Lingga yang telah menginisiasi kegiatan ini sejak tahun 2019 lalu.

"Tentunya dengan predikat juara ini mampu memberikan dampak positif bagi Kabupaten Lingga. Sehingga meningkatkan prekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Lingga," sebutnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews