Kominfo Lingga Usulkan Peningkatan Jaringan Internet di Panggak Darat ke Telkomsel

Ilustrasi

Lingga - Ketersedian jaringan telekomunikasi berbasis data (internet) di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, belum sepenuhnya merata. Tak hanya daerah-daerah pelosok dan pulau, daerah yang dekat dengan Ibu Kota Kabupaten Lingga pun mengalami nasib serupa.

Seperti hal nya Desa Panggak Darat, Kecamatan Lingga. Hanya berjarak beberapa kilometer saja dari pusat Kota Daik, di desa ini masih kesulitan untuk mengakses jaringan internet.

Menanggapi hal itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo Lingga, Izjumadillah melalui Kepala Bidang (Kabid) e-government, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Ady Setiawan mengaku pihaknya akan mengusulkan peningkatan jaringan di Desa Panggak Darat ke pihak Telkomsel.

"Saat ini tower yang ada di Panggak Darat itu, di daerah kawasan Tugu Resun masih 2G, makanya kita akan upayakan pengusulan ke Telkomsel untuk dapat ditingkat ke 4G," kata Ady kepada Batamnews, kemarin.

Ia menjelaskan, sebenarnya keberadaan tower yang terletak di atas bukit simpang Tugu Resun itu tidak begitu efektif. Pasalnya, lokasi tower sangat jauh dari rumah penduduk.

"Tower itu hanya dapat mengcover Panggak Darat saja, karena di daerah sekitar tower itu tidak ada lagi rumah penduduk, hanya hutan," sebutnya.

Meski demikian, ia berharap pihak Telkomsel nantinya dapat segera merealisasikan usulan Kominfo Lingga terkait peningkatan kualitas jaringan internet di Desa Panggak Darat. Sehingga, warga setempat bisa dengan mudah mengakses informasi.

"Harapan kami usulan ini bisa cepat terealisasi dan tentunya lebih cepat dari proses pengajuan pembangunan tower baru," harap Ady.

(ruz)
SHARE US :
Komentar Via Facebook :