Menkes Terawan Dukung Program Pemkab Bintan Layani Ibu Hamil dengan CINTA

Menkes Terawan Dukung Program Pemkab Bintan Layani Ibu Hamil dengan CINTA

Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto mengaku sangat mendukung program perubahan kesehatan yang baru dicanangkan Bupati Bintan (Foto:Ary/Batamnews)

Bintan - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto mengaku sangat mendukung program perubahan kesehatan yang baru dicanangkan Bupati Bintan, Apri Sujadi. Yaitu Peningkatan Pelayanan Ibu Hamil dan Bersalin dengan Cepat, Terintegrasi dan Terencana (CINTA) di masa pandemi Corona.

"Bidang kesehatan menjadi hal yang utama. Maka dengan adanya program baru peningkatan pelayanan ibu hamil sampai melahirkan ini saya dukung, saya supervisi, saya ikuti, dan saya monitori," ujar Terawan di Laguna Bintan Resort, Jumat (25/9/2020).

Bintan, kata Terawan sangat menjanjikan. Jadi bidang kesehatan juga harus mendukung bidang industri dan pariwisata. Tujuannya juga untuk menggerakkan roda ekonomi dimasa pandemi Covid-19 dimana sektor pariwisata merupakan penyumbang PAD terbesar.

"Besarnya nilai investasi yang masuk di Bintan juga memerlukan dukungan sektor kesehatan. Mari kita terus berjuang, tetap semangat dan taati protokol kesehatan," katanya.

Baca: Dinkes Bintan Luncurkan Kebijakan Peningkatan Pelayanan Ibu Hamil dan Bersalin

Sementara itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan, dengan hadirnya program perubahan yang baru terkait pelayanan kesehatan ibu hamil dan bersalin itu kesehatan ibu dan calon bayi tetap terjaga.

"Ini juga sebagai upaya menekan angka kematian ibu bersalin maupun angka kematian bayi lahir," katanya.

Melalui program ini, pemeriksaan kesehatan ibu hamil dilakukan dari rumah ke rumah oleh petugas kesehatan. Lalu pembinaan kesehatan ibu hamil melalui virtual dengan aplikasi 'Pantau Bumilku' dan 'Bidan Online' serta pelayanan Persalinan Prima dengan menjemput pasien yang hendak bersalin dari rumah.

(ary)
Komentar Via Facebook :