Kucurkan Rp 500 Miliar, Dana Pembangunan Desa di Bintan Terus Meningkat

Kucurkan Rp 500 Miliar, Dana Pembangunan Desa di Bintan Terus Meningkat

Peresmian Gedung Lembaga Desa Pangkil, Bintan oleh Bupati Apri Sujadi. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan - Gedung Lembaga Desa Pangkil, Kecamatan Teluk Bintan yang menelan dana APBDes Rp 300 juta akhirnya diresmikan penggunaannya, Minggu (20/9/2020).

Peresmian gedung tersebut dilakukan oleh Bupati Bintan, Apri Sujadi dengan menandatangani prasasti dan pemotongan pita. 

Hadir juga anggota DPRD Provinsi Kepri Deby Maryanti, anggota DPRD Bintan M. Yatir, Zulkifli, Fiven Sumanti, dan kepala OPD.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan bahwa Pemkab Bintan akan terus melakukan usaha-usaha dalam meningkatkan kemajuan desa. Buktinya setiap tahun APBDes yang dikucurkan ke 36 desa se-Kabupaten Bintan mengalami kenaikan setiap tahunnya.

"Selama kurun waktu 5 tahun Pemkab Bintan telah mengalokasikan Rp 500 miliar lebih bagi pembangunan desa yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) dimana sumber tersebut keseluruhannya berasal dari APBD Bintan," ujar Apri, Senin (21/9/2020).

Hingga saat ini dia telah membuktikan bahwa telah terjadi perubahan pembangunan di desa-desa. Dari 2015 lalu hingga 2020 ini. Mulai dari gedung, jalanan, sampai saat ini desa-desa memiliki usaha-usaha yang dikelola sendiri melalui BUMDes.

"Tahun depan akan ada program-program pemulihan ekonomi untuk setiap desa. Sehingga masyarakat di desa bisa terus menjalankan usahanya meskipun ditengah pandemi covid-19," jelasnya 

Selain gedung, kata Apri, Pemkab Bintan juga turut menyerahkan bantuan alat tangkap nelayan di Desa Pangkil. Tahun ini melalui Dinas Perikanan Bintan telah mengalokasikan bantuan bagi nelayan sebanyak 26 unit kapal dan 440 pieces alat tangkap jaring udang. 

"Tentunya bantuan ini diserahkan agar bisa dimanfaatkan bagi nelayan kita untuk bisa terus memenuhi kebutuhan hidupnya di masa seperti ini," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews