Pemkab Bintan Salurkan Belasan Ribu Bantuan Alat Tangkap untuk Nelayan

Pemkab Bintan Salurkan Belasan Ribu Bantuan Alat Tangkap untuk Nelayan

Apri Sujadi menyerahkan secara simbolis bantuan alat tangkap kepada nelayan di Kecamatan Sri Kuala Lobam (Foto:Ary/Batamnews)

Bintan - Sejumlah kelompok nelayan di Kecamatan Bintan Utara dan Sri Kuala Lobam, mendapatkan bantuan berupa alat tangkap ikan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan. Penyerahan secara simbolis dipusatkan di Kantor Camat Sri Kuala Lobam, Jumat (18/9/2020).

Adapun alat bantu yang diberikan berupa kawat bubu dan jaring udang bagi nelayan di dua kecamatan tersebut.

Bupati Bintan, Apri Sujadi pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa ada beberapa bantuan yang diberikan kepada kelompok nelayan. Namun saat ini bantuan yang difokuskan oleh pemerintah adalah alat tangkap ikan.

"Saat ini bantuan alat tangkap ikan lebih dibutuhkan dibandingkan bantuan kapal. Karena bantuan alat tangkap menyasar kepada nelayan secara langsung. Maka kita nantinya akan fokus ke bantuan alat tangkap dibandingkan mengalokasikan bantuan kapal," ujar Apri pada kesempatan tersebut.

Ia berharap, bantuan yang diberikan itu hendaknya dapat dimanfaatkan nelayan dengan baik agar tercapai peningkatan hasil tangkapan ikan. Sehingga, meskipun kondisi daerah sedang diterpa pandemi Corona, namun perekonomian masyarakat tetap bisa terbantu.

"Semoga dengan bantuan alat tangkap ikan dapat membantu dan melancarkan aktivitas nelayan dalam mencari ikan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Bintan, Fachrimsyah mengaku, untuk tahun 2020 ini ada bantuan kapal 1 GT sebanyak 30 unit, 2 GT sebanyak 3 unit, dan 3 GT sebanyak 2 unit. Kemudian juga ada bantuan alat tangkap lainnya.

"Tapi tahun ini dilebihkan alat tangkap ikannya untuk nelayan," sebutnya.

Fachrimsyah melanjutkan, dinasnya juga menyiapkan 170 roll bantuan alat tangkap bahan bubu kawat ikan, 280 pieces jaring udang dan 15.000 bubu ranjungan oval.

"Bantuan juga akan kita salurkan untuk nelayan di seluruh kecamatan, jumlahnya bervariasi," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews