Dalam Sehari, Tiga Surat Rekomendasi PAN Keluar di Pilkada Bintan

Dalam Sehari, Tiga Surat Rekomendasi PAN Keluar di Pilkada Bintan

Ilustrasi

Bintan - Partai Amanat Nasional (PAN) mengeluarkan tiga surat rekomendasi sekaligus dalam masa satu hari di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bintan 2020. Hal ini terlihat dari tanggal terbit surat yang dikeluarkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, yang kesemuanya tertulis tanggal 3 September 2020.

Surat pertama, DPP PAN mencabut dukungan yang sebelumnya diberikan kepada petahana Apri Sujadi-Roby Kurniawan, dengan nomor PAN/A/Kpts/KU-SJ/376/IX/2020 tanggal 3 September 2020. Surat itu berisi tentang pembatalan persetujuan kepada pasangan Apri Sujadi-Roby Kurniawan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan.

Ada 3 poin di surat itu, selain pembatalan persetujuan, juga berisi pencabutan SK DPP PAN No PAN/A/Kpts/KU-SJ/267/VIII/2020 tanggal 24 Agustus 2020 tentang persetujuan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bintan dinyatakan tidak berlaku terhitung sejak SK ini diterbitkan.

Selanjutnya, mencabut pakta integritas DPP PAN tanggal 24 Agustus 2020 dalam seleksi bakal calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bintan dan selanjutnya dinyatakan tidak berlaku terhitung sejak SK ini diterbitkan.

SK pembatalan dukungan yang diberikan PAN ke pasangan Apri-Roby, tertanggal 3 September 2020 (Foto:Ist)

Kemudian, di hari yang sama, PAN berpindah haluan dengan memberikan rekomendasi kepada Alias Wello-Dalmasri Syam untuk maju di Pilkada Bintan. Rekomendasi ini tertuang dalam SK DPP PAN berlabel Model B.1-KWK Parpol bernomor PAN/A/Kpts/KU-SJ/377/IX/2020 tanggal 3 September 2020 yang diteken Ketua Umum Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno.

Alih-alih mendukung, hari ini Sabtu (5/9/2020) DPP PAN kembali mencabut dukungannya yang diberikan kepada Alias Wello-Dalmasri Syam. Pencabutan ini tertuang dalam SK Nomor: PAN/A/Kpts/KU-SJ/398/IX/2020 yang ditandai Ketua Umum dan Sekretaris Jendral PAN, Zulkifli Hasan dan Eddy Soeparno.

Baca: PAN Mendadak Cabut Dukungan untuk Alias Wello-Dalmasri di Pilkada Bintan

Dalam SK pencabutan dukungan PAN ke Alias Wello-Dalmasri tersebut juga tertulis tanggal 3 September 2020. Artinya, dalam sehari yakni pada 3 September DPP PAN telah mengeluarkan tiga SK. SK pembatalan dukungan ke Apri-Roby, SK dukungan untuk AWe-Dalmasri, serta SK pencabutan dukungan untuk AWe-Dalmasri.

SK dukungan yang diberikan PAN kepada pasangan AWe-Dalmasri tertanggal 3 September (Foto:Ist)

Ketua PAN Bintan, Hesti Gustrian ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa DPP PAN mencabut persetujuan dukungan terhadap Alias Wello-Dalmasri Syam sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan.

"Benar ada perubahan dan pembatalan persetujuan, pada prinsipnya kami hanya mengikuti instruksi dan perintah DPP," kata Hesti Gustrian, Sabtu (5/9/2020).

Hesti menyebutkan, untuk Pilkada Bintan 2020 DPP PAN memberikan persetujuan terhadap Apri Sujadi-Roby Kurniawan. "Surat keputusan itu sudah kita terima, kami hanya mengikuti saja, ini sesuai keputusan DPP," ucapnya lagi.

Sebelumnya, Ketua Bidang Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPW PAN Kepri, Herly Irawan mengaku PAN mencabut dukungan ke Apri-Roby dikarenakan ingin memberikan pelajaran positif tentang demokrasi kepada masyarakat. Bahwa pilkada tahun ini tidak ada namanya melawan kotak kosong.

"Kami hanya ingin memberikan pembelajaran demokrasi bagi masyarakat di Kabupaten Bintan. Bahwa tidak akan ada lawan kotak kosong tapi ada pilihan lain yaitu paslon Awe-Dalmasri," ujar Herly di KPU Bintan, Jumat (4/9/2020) kemarin.

SK pencabutan dukungan yang diberikan PAN kepada AWe-Dalmasri juga tertanggal 3 September (Foto:Adi/Batamnews)

"Banyak kabar yang diterima bahwa paslon Apri-Roby akan lawan kotak kosong. Ini yang buat kami sedih karena demokrasi tak berjalan sebagaimana mestinya," katanya lagi.

Dari hal itu, PAN ingin adanya perubahan. Maka memberikan dukungan ke Paslon Awe-Dalmasri sehingga masyarakat Kabupaten Bintan bisa memilih salah satunya bukan kotak kosong. Namun, alih-alih memberikan dukungan, hari ini Sabtu (5/9/2020) PAN malah mencabut dukungan yang diberikan kepada Alias Wello-Dalmasri Syam.

Baca: Ini Alasan PAN Cabut Dukungan untuk Paslon Apri Sujadi-Roby Kurniawan

(Ruz/Adi/Ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews