Danlanal Dabo Ingin Babinpotmar Bina Desa Pesisir di Lingga Kelola Potensi Maritim

Danlanal Dabo Ingin Babinpotmar Bina Desa Pesisir di Lingga Kelola Potensi Maritim

Danlanal Dabo, Letkol Laut (P) Zul Fahmi mengukuhkan Babinpotmar Lanal Dabo di Lapangan Apel Mako Lanal Dabo (Foto:ist)

Lingga - Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep, menggelar upacara pengukuhan Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar). Kegiatan yang ditandai dengan pemakaian badge tersebut digelar di lapangan apel Mako Lanal Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, Selasa (24/8/2020).

Komandan Lanal (Danlanal) Dabo Singkep, Letkol Laut (P) Zul Fahmi mengatakan, Babinpotmar Lanal Dabo Singkep merupakan ujung tombak dalam rangka pembinaan potensi maritim desa pesisir, sekaligus memiliki kemampuan komunikasi sosial yang baik, santun, cerdas dan cermat dalam puldata potensi maritim.

"Dengan adanya Babinpotmar Lanal Dabo Singkep, bisa merangkul komponen masyarakat maritim untuk bersama-sama mengolah potensi maritim di wilayah pesisir, khususnya di wilayah kerja Lanal Dabo Singkep yang dapat dijadikan sebagai kekuatan pertahanan negara di laut," ujar Danlanal.

“Babinpotmar juga diharapkan mampu membantu desa-desa pesisir binaan Lanal Dabo dalam rangka mengembangkan potensi maritim, dengan memberikan pembinaan yang berkelanjutan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir,” sambung Letkol Laut (P) Zul Fahmi.

Pembentukan Babinpotmar baik penempatan di Posal maupun di Posmat sendiri, memiliki peran dan tugas yang sangat penting. Diantaranya melindungi dan mengamankan jalur laut untuk kepentingan dukungan bahan-bahan industri, perekonomian maupun perdagangan.

"Kemudian dukungan logistik operasi militer, yang merupakan salah satu tugas TNI AL sesuai Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut," pungkas Danlanal.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews