Tudung Manto dan Istana Damnah di Lingga Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020

Tudung Manto dan Istana Damnah di Lingga Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020

Replika Istana Damnah (Foto:ist/net)

Lingga - Masyarakat Kabupaten Lingga dan Kepulauan Riau patut berbangga hati, karena Tudung Manto dan Istana Damnah yang ada di Daik Lingga, masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.

Tudung Manto masuk dalam kategori cinderamata terpopuler, sementara Istana Damnah masuk dalam kategori situs sejarah terpopuler.

"Tudung Manto merupakan kelengkapan pakaian adat perempuan Melayu Daik. Asal mula penyebutan pemakaian tudung oleh perempuan Melayu dapat ditemukan dalam naskah Sulalatus Salatin," ujar Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lingga, melalui Kabid Promosi dan Pemasaran Pariwisata, Indra Rukian, kemarin.

Lanjutnya, Tudung manto merupakan tradisi tekad kelingkan Daik Lingga, yang telah menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Tudung Manto masuk dalam nominasi API 2020 kategori cinderamata terpopuler (Foto:tangkapan layar ig @apiaward)

"Kalau Istana Damnah yang masuk dalam kategori situs sejarah terpopuler ini dibangun pada tahun 1860 oleh Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah III (1857-1883), pada saat Kerajaan Melayu Riau Lingga mengalami masa kejayaannya," sebut Indra.

Dengan demikian, ia mengajak agar masyarakat Lingga khususnya dan Kepulauan Riau umumnya dapat mendukung baik Tudung Manto dan Istana Damnah agar terpilih dalam ajang tersebut. Dukungan bisa dilakukan via pesan singkat (SMS), instagram, dan via youtube.

"Melalui SMS untuk Tudung Manto caranya ketik API 6J kirim ke 99386. Kalau Istana Damnah caranya ketik API 12D kirim ke 99386. Sedangkan via instagram, follow akun @apiaward, cari image/gambar sesuai kategori dan nominasi selanjutnya klik like," jelas Indra.

Kemudian cara memberikan voting via youtube dengan subscribe chanel @apiaward, cari video sesuai kategori dan nominasi. Vote nominasi API 2020 ini dimulai per 1 Agustus 2020.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews