Pemkab Lingga Mendadak Batalkan Takbir Keliling dan Salat Idul Adha di Lapangan Terbuka

Pemkab Lingga Mendadak Batalkan Takbir Keliling dan Salat Idul Adha di Lapangan Terbuka

Ilustrasi pawai takbir

Lingga - Pemerintah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, awalnya bakal menggelar pawai takbir keliling menyambut hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, Kamis (30/7/2020) malam.

Namun, rencana pelaksanaan pawai tersebut mendadak dibatalkan. Hal ini dibenarkan Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) di Setretariat Daerah (Setda) Lingga, Jaya Atmajaria kepada Batamnews, Rabu (29/7/2020) siang.

Baca: Lingga Tetap Gelar Takbir Keliling Idul Adha, Utamakan Protokol Kesehatan

"Iya betul, barusan arahan pimpinan. Kami lagi mengkonsep surat ralat pelaksanaan takbir. Kami akan keluarkan surat resmi. Jadi kita kembali seperti lebaran Idul Fitri kemarin," kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar juga membenarkan kabar tersebut. Katanya, pelaksanaan takbir keliling ini batal digelar.

"Iya, tadi malam Pak Bupati menggelar rapat bersama Gugus Covid-19 terkait ditemukannya pasien positif Covid-19 dua orang di Tanjungpinang, yang salah satunya merupakan TNI aktif dan ikut latihan tembak di Dabo kemarin," ujar Nizar.

Baca: Dua Warga Tanjungpinang Positif Covid-19, Salah Satunya Anggota TNI

Dengan demikian, disepakati maka kegiatan takbir keliling dibatalkan. Begitu juga dengan pelaksanaan shalat Idul Adha yang semula juga direncanakan bakal digelar di Halaman Kantor Bupati Lingga, Jumat (31/7/2020).

"Tadi pertimbangan Pak Kabag Kesra begitu. Karena beberapa masjid melaksanakan shalat sendiri, hanya masjid di Sawin yang menunggu. Kalau Pemda menggelar shalat di lapangan, mereka tidak buka. Tapi kalau Pemda batal di lapangan, maka masjid di Sawin buka. Jadi diputuskan ditiadakan untuk shalat Idul Adha di Halaman Kantor Bupati," jelas Nizar.

"Iya, kita ke masjid atau surau saja untuk shalat Idul Adha. Ini untuk antisipasi dan waspada Covid-19," pungkas Kabag Kesra, Jaya Atmajaria.

(ruz)