Lingga Tetap Gelar Takbir Keliling Idul Adha, Utamakan Protokol Kesehatan

Lingga Tetap Gelar Takbir Keliling Idul Adha, Utamakan Protokol Kesehatan

Kepala Bagian (Kabag) Kesra di Setda Lingga, Jaya Atmajaria (Foto:ist)

Lingga - Pemerintah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, akan menggelar takbir keliling, pada Kamis (30/7/2020) malam. Kegiatan ini dilakukan untuk memeriahkan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada Jumat (31/7/2020).

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) di Setretariat Daerah (Setda) Lingga, Jaya Atmajaria mengatakan, keputusan pelaksanaan takbir keliling tersebut didapat setelah dilakukannya rapat bersama pada 14 Juli lalu di Ruang Rapat Kantor Bupati Lingga.

"Berdasarkan keputusan rapat, maka kami dari Pemkab Lingga mengimbau agar seluruh kaum muslimin dan muslimat untuk dapat bersama-sama mengikuti pawai takbir Idul Adha dengan menggunakan kendaraan roda empat, roda tiga dan roda dua, pada Kamis (30/7/2020) ba'da Isya di Halaman Kantor Bupati Lingga," kata dia kepada Batamnews, Rabu (29/7/2020).

Lanjut Jaya, surat terkait imbauan pawai takbir tersebut juga sudah disebarkan. Di dalam surat tersebut, juga meminta agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki kendaraan roda empat, untuk dapat ikut bepartisipasi.

"Untuk menyemarakkan pawai takbir itu nanti, kepada seluruh peserta  pawai dapat kiranya melengkapi kendaraan dengan pengeras suara. Kemudian kita minta peserta takbir juga turut membawa beduk, gendang dan sebagainya, untuk menyemarakkan gema takbir Idul Adha tahun 2020 ini," ujarnya.

Tak hanya itu, Jaya juga mengimbau agar peserta pawai harus mematuhi rambu-rambu, memperhatikan keselamatan dan tidak membuat kegaduhan selama pawai takbir berlangsung. Terpenting, peserta juga diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan, salah satunya yakni menggunakan masker.

"Kemudian kepada pengurus masjid, surau dan mushala kami imbau dapat kiranya mengumandangkan takbir di masjid, surau dan mushala saat malam takbir Idul Adha," harapnya.

(ruz)