Bintan Tambah 5 Kasus Positif Covid-19

Bintan Tambah 5 Kasus Positif Covid-19

Ilustrasi.

Bintan - Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bintan kembali bertambah, Kamis (30/7/2020). Penambahannya lima orang sekaligus dalam sehari yang berasal dari dua kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan dr Gama AF Isnaeni mengatakan kini kasus pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bintan mencapai 15 orang. 

Tujuh diantaranya sembuh dan 1 meninggal sedangkan 7 orang lagi masih diisolasi di RSUP Raja Ahmad Tabib (RAT) Kepri Batu 8 Kota Tanjungpinang.

"Hari ini 5 orang sekaligus yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka semua sudah diisolasi di RSUP RAT Kepri," ujar Gama.

Lima pasien positif Covid-19 itu diantaranya 4 pasien dari Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur dan 1 orang lagi dari Kecamatan Gunung Kijang.

Sedangkan dua orang lagi sebelumnya juga berasal dari Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur. Mereka adalah seorang pria berusia 43 tahun yang terkonfirmasi positif pada 24 Juli dan pria berusia 56 tahun yang terkonfirmasi positif pada 29 Juli.

"Kijang menjadi yang terbanyak pasien positif Covid-19 di Bintan," katanya.

Dengan bertambahnya 4 kasus positif di Kecamatan Bintan Timur dan 1 kasus positif di Kecamatan Gunung Kijang, peringatan Hari Raya Idul Adha yang akan dilaksanakan hari ada sejumlah wilayah yang tidak menggelar salat Ied.

Diantaranya khusus Kecamatan Bintan Timur dan Kecamatan Gunung Kijang tidak melaksanakan salat Idul Adha berjamaah baik di lapangan, masjid maupun surau dan disarankan untuk melaksanakan salat di rumah masing-masing.

Kemudian untuk pelaksanaan ibadah kurban dilaksanakan oleh panitia kurban secara terbatas dan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Pembagian daging kurban disarankan untuk dibagikan ke masing-masing rumah warga agar tidak menimbulkan kerumunan di masjid.

"Kita imbau agar semua itu dilakukan karena dengan cara tersebut dapat memutus mata rantai penularan virus," katanya.

(ary)