Salat Idul Adha Tetap Digelar, Dataran Engku Putri Disemprot Disinfektan

Salat Ied di Dataran Engku Putri, Batam sebelum pandemi Corona.

Batam - Ibadah salat Idul Adha tetap akan digelar di Kota Batam, Kepuluan Riau. Pelaksanaan salat ini dipusatkan Dataran Engku Putri, Batam Centre pada Jumat (31/7/2020) esok.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan Dataran Engku Putri telah disemprot disinfektan pada Kamis (30/7/2020). 

“Tetap ada (salat Idul Adha) tapi tetap dilakukan upaya pencegahan,” ujar Rudi. 

Ada beberapa kebijakan yang telah diambil, seperti pelaksanaan salat dipersingkat. Walaupun begitu bukan berarti mempercepat salat. 

“Hanya saja, tidak ada kata sambutan dari saya atau yang lain,” katanya. 

Ditambah lagi, pihaknya meminta kepada Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam bisa menyampaikan laporan hewan kurban saja.

Rudi juga meminta, bagi jemaah yang akan salat di Dataran Engku Putri, tidak diperkenankan bersalaman. Hal ini sebagai antisipasi penularan Covid-19. 

Ia menegaskan, permasalahan Covid-19 di Batam belum sepenuhnya tuntas.

"Kita tetap waspada, protokol kesehatan sesuai Covid-19 tetap dijalankan," katanya.

Saat ini Kota Batam masih masuk zona kuning Corona. Hanya empat dari 12 kecamatan saja yang masuk zona hijau diantaranya Kecamatan Bulang, Belakang Padang, Nongsa dan Galang. 

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid juga mengungkapkan, untuk pelaksanaan salat Idul Adha di Dataran Engku Putri dilakukan pengetatan protokol kesehatan. Semua jemaah yang masuk ke Dataran Engku Putri akan dilakukan pengecekan suhu.

"Saf salat juga dibuat berjarak. Semua petugas dibekali protokol kesehatan yang akan diterapkan saat salat Idul Adha," ujar Jefridin.

(ret)