Pemko Batam Rilis Panduan Salat Idul Adha di Tengah Pandemi, Ini yang Harus Diperhatikan

Pemko Batam Rilis Panduan Salat Idul Adha di Tengah Pandemi, Ini yang Harus Diperhatikan

Ilustrasi.

Batam - Umat Muslim di Batam, Kepulauan Riau bakalan menunaikan salat Idul Adha pada Jumat (31/7/2020) mendatang. Kepastian ini diperoleh setelah pemerintah setempat mengizinkan pelaksanaan salat Id dengan sejumlah ketentuan.

Sebagaimana sesuai Surat Edaran Wali Kota Batam No 14/KESRA/Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban, salat Idul Adha 1441 H/2020 bisa digelar berjemaah di lapangan, masjid, musola ataupun juga ruangan.

"Namun dengan catatan tetap mematuhi dan memperhatikan protokol kesehatan," kata Wali Kota Batam, HM Rudi, Rabu (22/7/2020). 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penyelenggara atau panitia sebelum menggelar salat Idul Adha secara berjamaah. Diantaranya adalah menyiapkan petugas untuk melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan di area tempat pelaksanaan salat.

“Melakukan pembersihan dan disinfektan di area tempat pelaksanaan salat Idul Adha,” imbuh Rudi.

Kemudian membatasi jumlah pintu atau jalur keluar dan masuk tempat pelaksanaan guna memudahkan penerapan dan pengawasan protokol kesehatan. Kemudian juga menyediakan fasilitas cuci tangan, sabun atau sanitizer di setiap pintu ke luar dan pintu masuk.

“Panitia juga harus menyediakan alat pengecekan suhu. Jika ditemukan jemaah dengan suhu lebih dari 37,5 derajad celcius maka tidak diperkenankan masuk dalam area tempat pelaksanaan,” kata Rudi.

Selain itu, pembatasan jarak dengan memberikan tanda khusus minimal satu meter sertaa mempersingkat pelaksanaan salat dan khutbah Idul Adha tanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukunnya.

Penyelenggara juga wajib mengimbau kepada masyarakat tentang protokol kesehatan sebelum melaksanakan salat. Seperti jemaah harus sehat, membawa sajadah atau alas masing-masing dan menggunakan masker sejak ke luar rumah dan selama berada di area tempat pelaksanaan.

“Para jemaah wajib menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan dengan sabun atau sanitizer,” jelasnya.

Bagi anak-anak, masyarakat lanjut usia dan orang memiliki sakit bawaan yang beresiko tinggi Covid-19 diimbau untuk tidak mengikuti pelaksanaan salat Idul Adha. 

Panitia diharapkan juga tidak mewadahi sumbangan atau sedekah dengan cara menjalankan kotak infaq. Sebab sangat rawan terhadap penularan Covid-19.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews