Kominfo Lingga Hubungi Kementerian Minta Tambah Bandwidth Tower Mini Mentuda

Kominfo Lingga Hubungi Kementerian Minta Tambah Bandwidth Tower Mini Mentuda

Kasubag Komifo di Setda Lingga, Ady Setiawan (Foto:Ruzi/Batamnews)

Lingga - Warga Desa Mentuda, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, kini sudah bisa mengakses jaringan telekomunikasi berbasis data (internet). Hal ini setelah dilakukannya peningkatan kapasitas jaringan (upgrate) dari sebelumnya 2G menjadi 4G.

Namun demikian, setelah dilakukannya peningkatan tersebut, warga setempat malah kesulitan untuk melakukan panggilan telpon maupun mengirim pesan singkat (SMS), meski bisa internet dengan lancar.

Baca: Warga Desa Mentuda di Lingga Sudah Bisa Akses Internet, Tapi...

Menanggapi hal itu, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kominfo di Setretariat Daerah (Setda) Lingga, Ady Setiawan mengaku akan melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Kominfo dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

"Kita akan menyurati pihak Kementerian Kominfo melalui BAKTI untuk meningkatkan kapasitas bandwidth di tower tersebut," kata dia kepada Batamnews, Senin (13/7/2020).

Ady menjelaskan, tidak bisanya warga Mentuda melakukan panggilan telpon karena biasanya tower mini difungsikan untuk jaringan 2G. Tapi saat ini tower tersebut sudah ditambah dengan sinyal 4G.

"Kemungkinan kapasitas yang ada di tower tersebut tidak mencukupi untuk mengakomodir kebutuhan voice call dan data (internet) sekaligus. Kemudian pengguna tower itu juga banyak. Jadi bandwidth nya yang tidak cukup karena dibagi untuk sinyal 4G," ujarnya.

Dengan demikian, Ady mengaku pihaknya tidak akan tinggal diam. Salah satu langkah yang diambil yaitu melakukan koordinasi dengan Kementrian Kominfo/BAKTI. "Kita sedang berupaya untuk penambahan bandwidth di tower mini ini," pungkas Ady.

(ruz)