DLH Lingga Siapkan 1 Unit Kapal Pengangkut Sampah Untuk Senayang

DLH Lingga Siapkan 1 Unit Kapal Pengangkut Sampah Untuk Senayang

Pulau Senayang yang berhadapan langsung dengan Pulau Sebangka (Foto:ist)

Lingga - Kelurahan Senayang, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, belum memiliki tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. Namun, pihak kecamatan telah menyiapkan lahan untuk dijadikan TPA di Pulau Sebangka.

Dipilihnya Pulau Sebangka karena di Kelurahan Senayang, tidak ada lahan yang cukup untuk dijadikan TPA. Pulau Senayang yang kini sudah menjadi Kota Kecil tersebut kian padat penduduk.

Baca: Pulau Senayang di Lingga Tak Miliki TPA Sampah, Camat Tunggu Bantuan DLH

Namun, untuk membawa sampah dari Kelurahan Senayang menuju Pulau Sebangka, dibutuhkan kapal pengangkut. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lingga, sudah pun menyiapkannya.

"Sudah kita anggarkan, lagi dalam pengerjaan. Insya Allah tak lama lagi terealisasi," ucap Kepala DLH Lingga, Nirmansyah melalui Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, Jhoni Indra kepada Batamnews, Selasa (7/7/2020).

Ia menjelaskan, ada 1 unit kapal pengangkut sampah (pokcai) yang disiapkan DLH dengan anggaran sekitar Rp 28 juta.

"Dalam tahun ini siap," sebut Jhoni.

Sebelumnya, Camat Senayang, Kimat Awal mengungkapkan bahwa selama ini sampah-sampah yang ada di Kelurahan Senayang dibuang di ujung Pulau Senayang. Namun, lokasi ini tak lagi efektif.

"Kalau di Kelurahan Senayang ini tidak memungkinkan untuk dibuat tempat pembuangan akhir. Makanya kita siapkan lahan di Pulau Sebangka," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews