Bawaslu Bintan Aktifkan Peran Pengawas Jelang Pilkada Serentak

Bintan - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bintan akan melaksanakan beberapa tahapan untuk pengawasan Pilkada Serentak 2020.

Komisioner Bawaslu Bintan Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Ondi Dobi Susanto mengatakan sebelum melakukan pengawasan pihaknya kembali mengaktifkan tugas panitia pengawas kecamatan di seluruh Kabupaten Bintan.

"Panwascam se-Bintan ada 30 orang. Masing-masung kecamatan 3 orang mereka semua sudah mulai aktif bertugas sejak 13 Juni kemarin," ujar Ondi, kemarin.

Setelah mengaktifkan panwascam, pihaknya juga telah mempekerjakan lagi panwas kelurahan desa (PKD) yang tersebar di 36 desa dan 15 kelurahan. Selanjutnya dilaksanakan supervisi dan pembinaan administrasi kepada jajaran adhoc tersebut. 

Setelah itu, kata Ondi, pihaknya segera mempersiapkan alat kerja laporan pengawasan dan mekanisme penanganan pelanggaran saat tahapan pilkada berjalan.

"Kita juga sedang membahas persiapan Alat Pelindung Diri (APD) sebab pilkada ini berlangsung di tengah pandemi Covid-19," katanya.

Untuk tahun ini sosialisasi pengawasan dan pengaduan pelanggaran pilkada secara langsung tidak dilaksanakan. Sebab menggelar acara yang mengumpulkan orang banyak sangat rentan dengan penularan Covid-19. 

Sehingga dalam waktu dekat ini pihaknya akan mempersiapkan sarana pendukung bimbingan teknis (bimtek) secara virtual terkait teknis-teknis pengawasan tahapan. 

"Nanti TOT (pelatihan) terkait pengawasan pemungutan dan rekapitulasi baru kami lakukan tatap muka. Tapi untuk lainnya dilakukan secara virtual," ucapnya.

(ary)
SHARE US :
Komentar Via Facebook :