Polda Kepri Canangkan Kampung Tangguh Nusantara di Sejumlah Lokasi

Polda Kepri Canangkan Kampung Tangguh Nusantara di Sejumlah Lokasi

Foto: Yude/Batamnews

Batam - Kapolda Kepri, Irjen Pol Aris Budiman dan Plt Gubernur Kepri, Isdianto mencanangkan keberadaan Kampung Tangguh Nusantara, Jumat (26/6/2020).

Pembentukan Kampung Tangguh Nusantara di wilayah hukum Polda Kepri ditujukan untuk warga Kepri yang datang dari luar kota agar terfasilitasi melakukan karantina mandiri.

Tempatnya berbentuk pondok isolasi yang disediakan di salah satu rumah di tiap-tiap desa atau kelurahan sebagai tempat karantina.

“Ini kami buat di kampung mereka masing-masing, jadi perhatian masyarakat kepada pemerintah, lebih karena dibuatnya kampung tangguh ini. Sehingga masyarakat tidak terbebani untuk menjaga diri mereka masing-masing, supaya tidak terkontaminasi Covid-19 ini,” ujar Isdianto usai mengunjungi salah satu Kampung Tangguh Nisantara dikawasan Perumahan Marbella, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, pada Jumat (26/6/2020).

Berdirinya kampung-kampung ini, menurut Isdianto, merupakan gagasan dari Kapolri, kemudian dijalankan oleh Kapolda Kepri di wilayah Kepulauan Riau.

"Harapannya, segera Batam ini menjadi zona hijau. Dalam kegiatan ini saya yakin dan percaya, kalau posko seperti ini dibangun juga di kelurahan-kelurahan, Kota Batam ini akan bisa menjadi zona hijau dengan cepat," ujar Isdianto.

Kapolda Kepri, Irjen Pol Dr. Aris Budiman menjelaskan, pihaknya bekerjasama Plt Gubernur Kepri selaku Ketua Gugus Tugas Daerah, Danrem 033/WP dan stakeholder lainnya akan mengupayakan pembentukkan kampung tangguh ini sebanyak-banyaknya di wilayah Provinsi Kepri.

“Hingga nanti hilangnya Covid-19, itulah harapan kita bersama dan Insiatif masyarakat dalam pembentukkan kampung tangguh dan pondok sehat akan terus kita dukung dan fasilitasi" ucap Aris.

Hingga saat ini, sebanyak 10 lokasi kampung tangguh nusantara yang telah terbentuk di wilayah Provinsi Kepri sampai dengan saat ini, 4 lokasi ada di Kota Batam, lainnya berada di Tanjungpinang, Bintan, Karimun, Lingga, Natuna dan Anambas dengan memenuhi empat kriteria antara lain tangguh kesehatan jasmani dan rohani, tangguh sosial ekonomi dan kemasyarakatan, tangguh keamanan dan ketertiban serta tangguh informasi dan kreativitas.

(ude)