Temui DPRD Kepri, Kapolda Tegaskan Kesiapan Amankan Pilkada

Temui DPRD Kepri, Kapolda Tegaskan Kesiapan Amankan Pilkada

Ketua DPRD Kepri dan Kapolda bersama rombongan komisi I usai pertemuan membahas kesiapan pelaksanaan pilkada. (Foto: ist)

Batam - Persiapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kepulauan Riau menjadi atensi semua pihak. Terlebih, pada tahun ini, ajang pesta demokrasi itu digelar di tengah pandemi Covid-19.

Untuk memastikan kesiapan Pilkada, pimpinan DPRD Kepri dan Komisi I DPRD Kepri beraudiensi dengan pemangku keamanan yakni Kapolda Kepri pada Jumat (19/6/2020) kemarin.

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak bersama rombongan Komisi I diterima langsung oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Darmawan serta pejabat Polda Kepri lainnya.

Jumaga mengatakan, pertemuan ini dipandang perlu dilakukan, hal ini untuk meningkatkan koordinasi antara DPRD Kepri dan Polda Kepri. 

"Kami juga ingin mengetahui sudah sejauh mana langkah yang telah dilakukan Polda Kepri membantu pemerintah dalam upaya penekanan penyebaran Covid-19," kata Jumaga.

DPRD juga mempertanyakan terkait langkah dan kesiapan apa saja yang telah dilakukan Polda Kepri dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Kepri.

"Pilkada serentak Kepri akan dilaksanakan pada bulan Desember 2020. Tentunya kita ingin mengetahui sudah sejauh mana persiapan Polda Kepri," ujar Jumaga.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kepri, Bobby Jayanto menyampaikan terkait proses hukum yang dijalankan Polda Kepri pada saat pandemi Covid-19 ini. 

Seperti yang diketahui bersama tambah Bobby, akhir-akhir ini banyak masyarakat yang mengeluhkan tagihan listrik yang melonjak tinggi.

"Kami iuga ingin mengetahui yang telah dilakukan Polda Kepri dalam upaya penekanan penyebaran Covid-19 khususnya di kota Batam yang sampai saat ini kasusnya terus meningkat," ujar Bobby.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman mengatakan bahwa dalam membantu pemerintah upaya menekan penyebaran Covid-19, Polda Kepri telah membentuk Satuan Tugas ( Satgas) Aman Nusa. 

"Satgas ini bersinergi dengan instansi terkait yang menangani Covid-19 di seluruh wilayah di Kepri," jelas Aris.

Polda Kepri dan jajarannya juga melaksanakan pemberian bantuan secara langsung kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 ini.

Terkait dengan kesiapan dalam menghadapi Pilkada, Polda Kepri telah melakukan audiensi bersama Bawaslu Kepri dan KPU Provinsi Kepri.

"Kita siap mengawal dan mengamankan jalannya Pilkada ini dengan sebaik-baiknya. Selain itu karena saat ini tengah pandemi Covid-19 tentunya akan menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Tekait keluhan masayarakat dengan lonjakan tagihan listrik yang tidak wajar. Kapolda Kepri mengatakan masalah proses hukum terkait ini belum ada laporan ke Polda Kepri.

"Terkait lonjakan tagihan listrik yang terjadi pada masyarakat, sejauh ini belum ada laporan yang masuk kepada kami," tuturnya.

Pada kesempatan ini turut hadir Wakil Ketua III DPRD Kepri Tengku Aprizal Dahlan, Ketua Komisi I DPRD Kepri Bobby Jayanto serta anggota Komisi I DPRD Kepri lainnya.

(sut)