HUT Ke-69, IBI Lingga Ajak Bidan Persiapkan Diri Hadapi Liberalisasi Pelayanan Kesehatan

Ketua IBI Cabang Lingga, Susi Yenty bersama pengurus IBI Lingga melakukan anjangsana ke rumah bidan Maryati (Foto:istimewa untuk Batamnews)

Lingga - Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, Susi Yenty mengajak bidan di Negeri Bunda Tanah Melayu menyiapkan diri dalam menghadapi liberalisasi pelayanan kesehatan dan era digital.

Hal ini disampaikan Susi dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) IBI ke-69 tahun 2020, Rabu (24/6/2020).

"Siapkan diri dalam menghadapi liberalisasi pelayanan kesehatan, sehingga kita dapat memberikan perlindungan bagi masyarakat dan mewujudkan pelayanan kebidanan yang berkualitas," ucapnya.

Lanjut dia, HUT IBI ke-69 ini mengusung tema 'Saatnya Bidan dan Perempuan Bersatu Bergerak Bersama untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak Menuju Indonesia Maju'.

Tema ini kata dia disejalankan dengan tema Hari Bidan Internasional (Internitional Day of The Midwife) yang diperingati setiap tanggal 5 Mei.

"Marilah bersama-sama kita jaga, kita rawat, kita tumbuh kembangkan Ikatan Bidan Indonesia menjadi organisasi yang bermartabat dan diakui secara nasional dan internasional," ajaknya.

Susi menjelaskan, tujuan terselenggaranya peringatan HUT IBI, yakni untuk penguatan profesi dan organisasi dalam meningkatkan kualitas anggota IBI sebagai organisasi profesi yang handal.

Kemudian meningkatkan rasa memiliki, kepedulian dan kecintaan anggota terhadap organisasi dan melakukan refleksi dan evaluasi untuk perbaikan kualitas.

Ada berbagai rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka peringat HUT tersebut. Kegiatan yang dilakukan mulai bulan Juni-Agustus ini berupa seminar, bakti sosial, serta pelayanan kebidanan (Pelayanan KB pemeriksaan IVA, pelayanan kesehatan ibu dan anak) dan anjangsana ke sesepuh IBI.

"Untuk hari ini yang baru berjalan adalah pelayanan KB dan anjangsana atau kunjungan ke sesepuh IBI, yaitu bidan Asmah dan bidan Maryati di Dabo singkep. Untuk kegiatan lain, kita akan menyesuaikan dengan kondisi dan situasi. Kalau untuk pelayanan serentak se-Indonesia, nanti pelayanan KB tanggal 29 Juni," sebutnya.

(ruz)
SHARE US :