https://www.batamnews.co.id

Cara Efisien Pemko Tanjungpinang Atasi Banjir di Jalan Daeng Celak Senggarang

Peluasan saluran air di area Jalan Daeng Celak, Senggarang. (Foto: Afriadi/Batamnews)

Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Pekerjaan Umum merangkul pihak pengusaha di kota gurindam itu untuk mengatasi banjir di Jalan Daeng Celak, Senggarang, Selasa (23/6/2020).

Jalan Daeng Celak merupakan satu-satunya akses masyarakat dan pegawai untuk menuju kantor Walikota Tanjungpinang Senggarang, namun ruas jalan ini kerap kebanjiran saat memasuki musim hujan.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Zulhidayat menuturkan penyebab banjirnya  ruas jalan itu disebabkan aliran air tidak berfungsi maksimal karena dangkal dan pembuangan air ke hilir sungai ditimbun dijadikan akses jalan.

"Kan daerah sini lembah, dan aliran air tak mengalir maksimal, sehingga air tergenang di jalan, ditambah lagi gorong-gorong pembangunan ke sungai itu kecil," sebutnya.

Zulhidayat menjelaskan, untuk mengatasi banjir didaerah tersebut, Pemko Tanjungpinang bersinergi dengan PT SJAJ dan perumahan Mega Mas melakukan pendalaman serta pelebaran aliran air.

"Itu tak menggunakan anggaran, alhamdulilah kita dibantu pihak perusahaan, perlu sinergi bersama mengatasi banjir ini, namun ini kan untuk jangka pendek," katanya.

Menurut Zulhidayat, jika mengatasi banjir di daerah itu secara jangka panjang tentunya membutuhkan anggaran cukup besar, sebab ruas jalan akan dilakukan peninggian, pembangunan gorong-gorong dan pembuatan saluran air secara permanen.

"Dengan pendalaman aliran air ini, alhamdulilah genangan air sudah berkurang, dan saat ini masih pengerjaan semoga jalan ini tak banjir lagi," harapnya.

(adi)